Tambunan, Wanner Marihotd (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS TUTOR TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM REM PADA SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR) SMK SWASTA MARKUS 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5123122037 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM 5123122037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
3. NIM 5123122037 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
4. NIM 5123122037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
5. NIM 5123122037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
6. NIM 5123122037 TABLE.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
7. NIM 5123122037 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM 5123122037 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
9. NIM 5123122037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
13. NIM 5123122037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
14. NIM 5123122037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi
Sistem Rem dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning
berbasis Tutor Teman Sebaya dikelas XI TKR SMK Markus 2 Medan, 2) untuk
mengetahui hasil belajar siswa pada Sistem Rem dengan menggunakan Model
Pembelajaran Ekspositori. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas
XI TKR 1 dan XI TKR 2 SMK Swasta Markus 2 Medan yang berjumlah 60
siswa. Pengambilan sampel digunakan teknik cluster random sampling, sehingga
jumlah sampel penelitian adalah 30 siswa XI TKR 1 (eksperimen) dan 30 siswa
XI TKR 2 (kontrol). Metode pengumpulan data menggunakan tes Pilihan
Berganda persyaratan analisis dengan uji normalitas dan homogenitas dan uji
hipotesis menggunakan uji-t. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata- rata pretest
kelas eksperimen sebesar 53,83 dan kelas kontrol sebesar 54,33 kemudian
perlakuan yang berbeda yaitu model pembelajaran Problem Based Learning
berbasis Tutor Teman Sebaya dan pembelajaran Ekspositori pada kelas kontrol
maka diperoleh nilai rata – rata postes kelas Eksperimen adalah 80 dan kelas
kontrol 69,83. Dari hasil uji t diperoleh thitung 5,38 sedangkan ttabel dengan =
0,05 dan dk = 58 adalah 1,671 sehingga thitung > ttabel maka dapat disimpulkan ada
pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Tutor Teman
Sebaya terhadap hasil belajar sistem rem pada siswa kelas XI Jurusan Teknik
Kendaraan Ringan SMK Markus 2 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 OTM 036 |
Keywords: | Model Pembelajaran, Problem Based Learning berbasis Tutor Teman Sebaya, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ751 Miscellaneous motors and engines Including gas, gasoline, diesel engines |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Dec 2017 10:15 |
Last Modified: | 09 Jan 2018 02:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28058 |