PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA KELAS IX SMP NEGERI 6 MEDAN

Sinaga, Elfrida Monika Yulianti (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA KELAS IX SMP NEGERI 6 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM 4133111017 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM 4133111017 COVER.pdf - Published Version

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM 4133111017 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02. NIM 4133111017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM 4133111017 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03. NIM 4133111017 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM 4133111017 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04. NIM 4133111017 PREFACE.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM 4133111017 CONTENTS.pdf]
Preview
Text
05. NIM 4133111017 CONTENTS.pdf - Published Version

Download (13kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM 4133111017 LIST OF ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
06. NIM 4133111017 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (5kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM 4133111017 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
07. NIM 4133111017 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM 4133111017 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
08. NIM 4133111017 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 09. NIM 4133111017 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
09. NIM 4133111017 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4133111017 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4133111017 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4133111017 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4133111017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk
mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah
terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa kelas IX SMP Negeri
6 Medan.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IX SMP Negeri 6
Medan yang terdiri dari 11 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak
dengan metode simple random sampling dan banyak sampel dalam penelitian ini
terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas IX-J sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran
konvensional yaitu model pembelajaran langsung dan kelas IX-K sebagai kelas
eksperimen dengan model pembelajaran berbasis masalah, jumlah siswa pada
masing-masing kelas adalah 36 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah tes uraian sebanyak 3 soal tes kemampuan pemecahan
masalah matematik yang telah dinyatakan valid.
Berdasarkan data tes kemampuan pemecahan masalah matematik, nilai
rata-rata di kelas kontrol sebesar 51,83, sedangkan nilai rata-rata di kelas
eksperimen sebesar 75,50. Dengan menggunakan perhitungan uji hipotesis satu
arah, diperoleh sebesar 6,86 dan sebesar 1,66691 pada taraf nyata 
= 0,05 sehingga . Dengan demikian ditolak dan diterima,
artinya terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah
terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa kelas IX SMP Negeri
6 Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 MAT 194
Keywords: KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH; MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Dec 2017 15:45
Last Modified: 14 Dec 2017 03:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27770

Actions (login required)

View Item
View Item