Sinaga, Elfrida Monika Yulianti (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA KELAS IX SMP NEGERI 6 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 4133111017 COVER.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
02. NIM 4133111017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
03. NIM 4133111017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
04. NIM 4133111017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
05. NIM 4133111017 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
06. NIM 4133111017 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
07. NIM 4133111017 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
08. NIM 4133111017 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
09. NIM 4133111017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
13. NIM 4133111017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
14. NIM 4133111017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk
mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah
terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa kelas IX SMP Negeri
6 Medan.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IX SMP Negeri 6
Medan yang terdiri dari 11 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak
dengan metode simple random sampling dan banyak sampel dalam penelitian ini
terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas IX-J sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran
konvensional yaitu model pembelajaran langsung dan kelas IX-K sebagai kelas
eksperimen dengan model pembelajaran berbasis masalah, jumlah siswa pada
masing-masing kelas adalah 36 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah tes uraian sebanyak 3 soal tes kemampuan pemecahan
masalah matematik yang telah dinyatakan valid.
Berdasarkan data tes kemampuan pemecahan masalah matematik, nilai
rata-rata di kelas kontrol sebesar 51,83, sedangkan nilai rata-rata di kelas
eksperimen sebesar 75,50. Dengan menggunakan perhitungan uji hipotesis satu
arah, diperoleh sebesar 6,86 dan sebesar 1,66691 pada taraf nyata
= 0,05 sehingga . Dengan demikian ditolak dan diterima,
artinya terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah
terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa kelas IX SMP Negeri
6 Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 194 |
Keywords: | KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH; MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Dec 2017 15:45 |
Last Modified: | 14 Dec 2017 03:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27770 |