Nasution, Zulkaidah (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRTITE DI KELAS VII MTS.S AL-JIHAD MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.-4131111052 COVER.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
2. 4131111052 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
3.-4131111052 RIWAYAT-HIDUP.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4.-4131111052 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
5.-4131111052 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
6.-4131111052 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
7.-4131111052 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
8. 4131111052 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
9. 4131111052 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
10. 4131111052 BAB I.pdf - Published Version
Download (485kB) | Preview
14. 4131111052 BAB V.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
15. 4131111052 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi
siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Think-Talk-Write (TTW)
pada materi bilangan bulat di kelas VII MTs.S Al-Jihad Medan. Jenis penelitian
ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-1
MTs.S Al-Jihad Medan T.A 2017/2018 yang berjumlah 24 orang. Objek
penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis siswa dengan
menerapkan model pembelajaran Think-Talk-Write pada materi bilangan bulat.
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 kali
pertemuan. Setiap akhir siklus diberikan tes kemampuan komunikasi matematis
sebanyak 4 soal. Berdasarkan analisis data setelah pemberian tindakan pada
siklus I melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematis I diperoleh 16
siswa (66,66%) dari 24 siswa telah mencapai ketuntasan belajar (KB 80).
Setelah tindakan II, melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematis II
diperoleh 20 siswa (83,33%) dari 24 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar
(KB 80). Terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 16,67%.
Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini sudah
memenuhi.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi
peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII MTs.S Al-Jihad
Medan sehingga pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Think-
Talk-Write dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan
kemampuan komunikasi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 138 |
Keywords: | Komunikasi,Matematis,Representasi,Membaca (reading) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2017 15:41 |
Last Modified: | 21 Nov 2017 06:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27240 |