ANALISIS PENGOPTIMALAN SISTEM ANTRIAN PELAYANAN TELLER DI BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) UNIT SUMBUL KABUPATEN DAIRI

Sihombing, Nelly Naomi (2017) ANALISIS PENGOPTIMALAN SISTEM ANTRIAN PELAYANAN TELLER DI BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) UNIT SUMBUL KABUPATEN DAIRI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 4133230027 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 4133230027 COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2. 4133230027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. 4133230027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 3. 4133230027 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. 4133230027 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4. 4133230027 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. 4133230027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5. 4133230027 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. 4133230027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6. 4133230027 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. 4133230027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7. 4133230027 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. 4133230027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8. 4133230027 BAB I.pdf]
Preview
Text
8. 4133230027 BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12. 4133230027 BAB V.pdf]
Preview
Text
12. 4133230027 BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. 4133230027 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. 4133230027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Sumbul
yang merupakan salah satu bank yang terkemuka di Indonesia. Adapun tujuan dari
penelitian ini adalah untuk pengoptimalan sistem antrian pelayanan teller yang ada.
Metode analisa yang digunakan adalah dengan menggunakan teori antrian untuk
menghitung karakteritik antrian yang akan digunakan sebagai perbandingan. Hasil
yang diperoleh adalah bahwa model antrian yang digunakan adalah (P=En=2) :
(FCFS=1=1) tetapi perlu dilakukan perubahan model menjadi (P=En=3) :
(FCFS=1=1) dan berdasarkan perhitungan biaya tunggu dan biaya fasilitas
diketahui bahwa �optimal sebesar 31 nasabah/jam. Jadi dengan penambahan 1
fasilitas teller diketahui dapat memaksimalkan pelayanan dan mengurangi waktu
tunggu nasabah sebesar 4,134 menit. Dari hasil penelitian dan perhitungan
diperoleh hasil bahwa dengan penambahan teller dapat mengoptimalkan sistem
antrian pada pelayanan teller di Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Sumbul

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 MAT 175
Keywords: teori antrian, teller.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis
Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Nov 2017 15:10
Last Modified: 20 Nov 2017 04:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27196

Actions (login required)

View Item
View Item