PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) BERBANTUAN AUTOGRAPH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBANTUAN AUTOGRAPH DI SMAN 1 PANCURBATU T.A 2017/2018

Hutabarat, Rodesma (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) BERBANTUAN AUTOGRAPH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBANTUAN AUTOGRAPH DI SMAN 1 PANCURBATU T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM. 4133111048 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM. 4133111048 COVER.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM. 4133111048 VALIDITY SHEET AND BIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
02. NIM. 4133111048 VALIDITY SHEET AND BIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM. 4133111048 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03. NIM. 4133111048 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM. 4133111048 FOREWORD.pdf]
Preview
Text
04. NIM. 4133111048 FOREWORD.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM. 4133111048 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
05. NIM. 4133111048 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM. 4133111048 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
06. NIM. 4133111048 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM. 4133111048 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
07. NIM. 4133111048 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM. 4133111048 APPENDIX LIST.pdf]
Preview
Text
08. NIM. 4133111048 APPENDIX LIST.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 09. NIM. 4133111048 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
09. NIM. 4133111048 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (448kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4133111048 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4133111048 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4133111048 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4133111048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang belajar dengan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) Berbantuan Autograph lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran Langsung Berbantuan Autograph di kelas XI SMA Negeri 1 Pancurbatu T.A 20176/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester ganjil SMA Negeri 1 Pancurbatu yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 415 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik sampling acak (random) dengan mengambil 2 kelas dari 9 kelas secara acak, maka terpilih kelas XI MIA-1 sebagai kelas eksperimen 1 yang berjumlah 40 orang dan kelas XI MIA-2 sebagai kelas eksperimen 2 yang berjumlah 40 orang. Penelitian ini menggunakan instrumen dalam bentuk uraian yaitu posttest yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Instrumen tes tersebut terlebih dahulu divalidasi oleh tiga orang validator kompeten yaitu dua validator dosen pendidikan matematika dan satu validator merupakan guru matematika dan telah dinyatakan valid. Dari hasil penelitian setelah diberikan perlakuan yang berbeda yaitu kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) Berbantuan Autograph dan kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran Langsung Berbantuan Autograph diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 sebesar 67,95 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 sebesar 57,85. Hasil uji t sepihak dengan dk = 78 dan  = 0,05, diperoleh thitung = 3,2011 dan ttabel = 1,66462 sehingga thitung > ttabel yaitu 3,2011 > 1,66462 maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang belajar dengan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) Berbantuan Autograph lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran Langsung Berbantuan Autograph di kelas XI SMA Negeri 1 Pancurbatu T.A 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 MAT 176
Keywords: Pemahaman Konsep,Matematik,Pembelajaran Langsung,Autograph sebagai Media Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA71 Instruments and machines
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Nov 2017 15:10
Last Modified: 20 Nov 2017 04:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27195

Actions (login required)

View Item
View Item