Hutabarat, Rodesma (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) BERBANTUAN AUTOGRAPH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBANTUAN AUTOGRAPH DI SMAN 1 PANCURBATU T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 4133111048 COVER.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
02. NIM. 4133111048 VALIDITY SHEET AND BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
03. NIM. 4133111048 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
04. NIM. 4133111048 FOREWORD.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
05. NIM. 4133111048 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
06. NIM. 4133111048 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
07. NIM. 4133111048 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
08. NIM. 4133111048 APPENDIX LIST.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
09. NIM. 4133111048 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (448kB) | Preview
13. NIM. 4133111048 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
14. NIM. 4133111048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang belajar dengan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) Berbantuan Autograph lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran Langsung Berbantuan Autograph di kelas XI SMA Negeri 1 Pancurbatu T.A 20176/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester ganjil SMA Negeri 1 Pancurbatu yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 415 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik sampling acak (random) dengan mengambil 2 kelas dari 9 kelas secara acak, maka terpilih kelas XI MIA-1 sebagai kelas eksperimen 1 yang berjumlah 40 orang dan kelas XI MIA-2 sebagai kelas eksperimen 2 yang berjumlah 40 orang. Penelitian ini menggunakan instrumen dalam bentuk uraian yaitu posttest yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Instrumen tes tersebut terlebih dahulu divalidasi oleh tiga orang validator kompeten yaitu dua validator dosen pendidikan matematika dan satu validator merupakan guru matematika dan telah dinyatakan valid. Dari hasil penelitian setelah diberikan perlakuan yang berbeda yaitu kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) Berbantuan Autograph dan kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran Langsung Berbantuan Autograph diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 sebesar 67,95 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 sebesar 57,85. Hasil uji t sepihak dengan dk = 78 dan = 0,05, diperoleh thitung = 3,2011 dan ttabel = 1,66462 sehingga thitung > ttabel yaitu 3,2011 > 1,66462 maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang belajar dengan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) Berbantuan Autograph lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran Langsung Berbantuan Autograph di kelas XI SMA Negeri 1 Pancurbatu T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 176 |
Keywords: | Pemahaman Konsep,Matematik,Pembelajaran Langsung,Autograph sebagai Media Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA71 Instruments and machines |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2017 15:10 |
Last Modified: | 20 Nov 2017 04:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27195 |