PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DI KELAS VIII PADA MATERI FAKTORISASI SUKU ALJABAR

Akbar, Rizky (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DI KELAS VIII PADA MATERI FAKTORISASI SUKU ALJABAR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4131111042 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4131111042 COVER.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4131111042 VALIDITY SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4131111042 VALIDITY SHEET.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4131111042 BIOGRHAPHY.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4131111042 BIOGRHAPHY.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4131111042 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4131111042 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4131111042 PREFACE.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4131111042 PREFACE.pdf - Published Version

Download (16kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4123111008 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4123111008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4131111042 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4131111042 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (5kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4131111042 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4131111042 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4131111042 LIST OF DIAGRAM.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4131111042 LIST OF DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (5kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 4131111042 LIST OF ENCLOUSURE.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 4131111042 LIST OF ENCLOUSURE.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM. 4131111042 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
11. NIM. 4131111042 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 4131111042 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 4131111042 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview
[thumbnail of 16. NIM. 4123111042 REFERENCES.pdf]
Preview
Text
16. NIM. 4123111042 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa serta mendeskripsikan bagaimana proses penyelesaian soal atau masalah yang berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah yang dibuat oleh siswa dengan menerapkan pendekatan matematika realistik pada sub pokok bahasan teorema pythagoras. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Medan T.A 2017/2018 yang berjumlah 40 orang dan objek penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah subjek penelitian dengan menerapkan pendekatan matematika realistik pada sub pokok bahasan teorema pythagoras. Instrumen dalam penelitian yang digunakan adalah observasi dan tes.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mencapai keberhasilan pada siklus kedua. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, siswa diberikan tes diagnostik terlebih dahulu untuk mengetahui permasalahan yang terjadi di kelas tersebut, dan pada setiap akhir siklus, siswa diberikan tes kemampuan pemecahan masalah.
Dari hasil analisis data, diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah subjek penelitian pada sub pokok bahasan teorema pythagoras mulai dari tes diagnostik sampai pada tes kemampuan pemecahan masalah I dan II terus mengalami peningkatan. Pada tes diagnostik subjek penelitian memperoleh skor rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah 56,4% (rendah) dan mengalami peningkatan pada TKPM I dengan capaian rata-rata skor tes sebesar 68,1% (sedang) dan meningkat lagi pada TKPM II dengan capaian skor rata-rata tes sebesar 83,1% (tinggi). Untuk kemampuan pemecahan masalah per aspek/indikator secara umum juga mengalami peningkatan dengan rincian sebagai berikut : (1) indikator memahami masalah : persentase nilai rata-rata kemampuan pada tes diagnostik 40%, pada TKPM I 85%, dan pada TKPM II 94,2%; (2) indikator menyusun rencana penyelesaian, persentase nilai rata-rata kemampuan pada tes diagnostik 39%, pada TKPM I 68,1%, dan pada TKBK II 83,3%; (3) indikator melaksanakan rencana penyelesaian, persentase nilai rata-rata kemampuan pada tes diagnostik 38,9%, pada TKPM I 64%, dan pada TKPM II 81,4%; (4) indikator memeriksa kembali, persentase nilai rata-rata kemampuan pada tes diagnostik 36,9%, pada TKPM I 40%, dan pada TKPM II 65,4%.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah subjek penelitian pada sub pokok bahasan teorema pythagoras

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 MAT 181
Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Faktorisasi Suku Aljabar, Jigsaw, Numbered Head Together
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Nov 2017 15:06
Last Modified: 20 Nov 2017 03:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27191

Actions (login required)

View Item
View Item