Sitio, Fithy Eliti Tiur Uli (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR BERPIKIR TINGKAT TINGGI BIOLOGI SISWA YANG DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI EKOLOGI DI KELAS X MIA SMA N 1 PANCUR BATU T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4131141013. COVER.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
2. 4131141013. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
3. 4131141013. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
4. 4131141013. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
5. 4131141013. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
6. 4131141013. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
7. 4131141013. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. 4131141013. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
9. 4131141013. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
10. 4131141013. BAB I.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
14. 4131141013. BAB V.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
15. 4131141013. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar berpikir tingkat tinggi siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan Problem Based Learning (PBL) pada materi Ekologi yang dilakukan di kelas X MIA SMA N 1 Pancur Batu Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA N 1 Pancur Batu yang terdiri dari 5 kelas. Sampel diambil secara acak dan diperoleh sampel untuk kelas GI (X MIA 4) sebanyak 33 orang dan untuk kelas PBL (X MIA 1) sebanyak 36 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan ganda yang berjumlah 30 soal yang sudah divalidkan terlebih dahulu. Hasil analisis data menunjukan pretes kelas GI ( 50,69 ) dan pretes kelas PBL ( 46,67 ). Lalu hasil postes kelas GI ( 80,27 ) dan postes kelas PBL (73,19 ). Setelah dilakukan perbedaan hasil belajar kelas GI dengan PBL dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar berpikir tingkat tinggi siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif GI dan PBL, dimana pembelajaran GI lebih baik digunakan pada materi pokok Ekologi di kelas X MIA SMA N 1 Pancur Batu T.P 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 168 |
Keywords: | Investigasi Kelompok; Pembelajaran Berbasis Masalah; Berpikir Tingkat Tinggi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Nov 2017 09:18 |
Last Modified: | 14 Nov 2017 07:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27114 |