PERBEDAAN HASIL BELAJAR BERPIKIR TINGKAT TINGGI BIOLOGI SISWA YANG DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI EKOLOGI DI KELAS X MIA SMA N 1 PANCUR BATU T.P 2016/2017

Sitio, Fithy Eliti Tiur Uli (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR BERPIKIR TINGKAT TINGGI BIOLOGI SISWA YANG DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI EKOLOGI DI KELAS X MIA SMA N 1 PANCUR BATU T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 4131141013. COVER.pdf]
Preview
Text
1. 4131141013. COVER.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 2. 4131141013. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. 4131141013. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of 3. 4131141013. RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
3. 4131141013. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (5kB) | Preview
[thumbnail of 4. 4131141013. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. 4131141013. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[thumbnail of 5. 4131141013. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5. 4131141013. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of 6. 4131141013. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6. 4131141013. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 7. 4131141013. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. 4131141013. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 8. 4131141013. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
8. 4131141013. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of 9. 4131141013. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. 4131141013. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 10. 4131141013. BAB  I.pdf]
Preview
Text
10. 4131141013. BAB I.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of 14. 4131141013. BAB V.pdf]
Preview
Text
14. 4131141013. BAB V.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of 15. 4131141013. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. 4131141013. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar berpikir tingkat tinggi siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan Problem Based Learning (PBL) pada materi Ekologi yang dilakukan di kelas X MIA SMA N 1 Pancur Batu Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA N 1 Pancur Batu yang terdiri dari 5 kelas. Sampel diambil secara acak dan diperoleh sampel untuk kelas GI (X MIA 4) sebanyak 33 orang dan untuk kelas PBL (X MIA 1) sebanyak 36 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan ganda yang berjumlah 30 soal yang sudah divalidkan terlebih dahulu. Hasil analisis data menunjukan pretes kelas GI ( 50,69 ) dan pretes kelas PBL ( 46,67 ). Lalu hasil postes kelas GI ( 80,27 ) dan postes kelas PBL (73,19 ). Setelah dilakukan perbedaan hasil belajar kelas GI dengan PBL dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar berpikir tingkat tinggi siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif GI dan PBL, dimana pembelajaran GI lebih baik digunakan pada materi pokok Ekologi di kelas X MIA SMA N 1 Pancur Batu T.P 2016/2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 BIO 168
Keywords: Investigasi Kelompok; Pembelajaran Berbasis Masalah; Berpikir Tingkat Tinggi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Nov 2017 09:18
Last Modified: 14 Nov 2017 07:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27114

Actions (login required)

View Item
View Item