PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA ANTARA PENDEKATAN REALISTIK DAN MODEL ELICITING ACTIVITIES DENGAN KONVENSIONAL PADA SISWA MTS NEGERI 2 MEDAN

Lestari, Siska (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA ANTARA PENDEKATAN REALISTIK DAN MODEL ELICITING ACTIVITIES DENGAN KONVENSIONAL PADA SISWA MTS NEGERI 2 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8156171068 Cover.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8156171068 Cover.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8156171068 Approval Sheet.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8156171068 Approval Sheet.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8156171068 Abstract.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8156171068 Abstract.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8156171068  Preface.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8156171068 Preface.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8156171068 Table of Content.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8156171068 Table of Content.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8156171068 Tables.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8156171068 Tables.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8156171068 Illustration.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8156171068 Illustration.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8156171068 Chapter I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8156171068 Chapter I.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[thumbnail of 12.  NIM. 8156171068 Chapter V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8156171068 Chapter V.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 13.  NIM. 8156171068 Bibliography.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8156171068 Bibliography.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif matematis adalah salah satu tujuan dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan pembelajaran yang relevan agar mendorong siswa menemukan konsep matematika dengan membangun sendiri pengetahuannya melalui permasalahan dalam kehidupan sehari-hari siswa, memperbaiki kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memahami informasi untuk menyelesaikan permasalahan. Pendekatan yang dapat diterapkan antara lain pendekatan realistik dan model eliciting activities. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis: (1) perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa antara siswa yang diberi pembelajaran pendekatan realistik dengan siswa yang diberi pembelajaran konvensional, (2) perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa antara siswa yang diberi pembelajaran model eliciting activities dengan siswa yang diberi pembelajaran konvensional, (3) perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa antara siswa yang diberi pembelajaran pendekatan realistik dengan siswa yang diberi pembelajaran model elicting activities, dan (4) interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Medan dan sampel penelitian diambil secara acak sebanyak tiga kelas. Uji statistik yang digunakan dalam analisis data adalah uji beda rata-rata dan uji interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa antara pendekatan realistik dengan konvensional dan rata-rata perbedaannya adalah 4,657, (2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa antara model eliciting activities dengan konvensional dan rata-rata perbedaannya adalah 2,914, (3) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa antara pendekatan realistik dengan model eliciting activities dan rata-rata perbedaannya adalah 1,743, dan (4) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Sehingga, pendekatan realistik dan model eliciting activities dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika untuk kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 2 Les p
Keywords: Realistic; Model Eliciting Activities; Conventional; Creative; Math
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 01 Nov 2017 09:55
Last Modified: 01 Nov 2017 06:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26969

Actions (login required)

View Item
View Item