Lestari, Siska (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA ANTARA PENDEKATAN REALISTIK DAN MODEL ELICITING ACTIVITIES DENGAN KONVENSIONAL PADA SISWA MTS NEGERI 2 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156171068 Cover.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
2. NIM. 8156171068 Approval Sheet.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
3. NIM. 8156171068 Abstract.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. NIM. 8156171068 Preface.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
5. NIM. 8156171068 Table of Content.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
6. NIM. 8156171068 Tables.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
7. NIM. 8156171068 Illustration.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM. 8156171068 Chapter I.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
12. NIM. 8156171068 Chapter V.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
13. NIM. 8156171068 Bibliography.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
Abstract
Kemampuan berpikir kreatif matematis adalah salah satu tujuan dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan pembelajaran yang relevan agar mendorong siswa menemukan konsep matematika dengan membangun sendiri pengetahuannya melalui permasalahan dalam kehidupan sehari-hari siswa, memperbaiki kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memahami informasi untuk menyelesaikan permasalahan. Pendekatan yang dapat diterapkan antara lain pendekatan realistik dan model eliciting activities. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis: (1) perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa antara siswa yang diberi pembelajaran pendekatan realistik dengan siswa yang diberi pembelajaran konvensional, (2) perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa antara siswa yang diberi pembelajaran model eliciting activities dengan siswa yang diberi pembelajaran konvensional, (3) perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa antara siswa yang diberi pembelajaran pendekatan realistik dengan siswa yang diberi pembelajaran model elicting activities, dan (4) interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Medan dan sampel penelitian diambil secara acak sebanyak tiga kelas. Uji statistik yang digunakan dalam analisis data adalah uji beda rata-rata dan uji interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa antara pendekatan realistik dengan konvensional dan rata-rata perbedaannya adalah 4,657, (2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa antara model eliciting activities dengan konvensional dan rata-rata perbedaannya adalah 2,914, (3) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa antara pendekatan realistik dengan model eliciting activities dan rata-rata perbedaannya adalah 1,743, dan (4) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Sehingga, pendekatan realistik dan model eliciting activities dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika untuk kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Les p |
Keywords: | Realistic; Model Eliciting Activities; Conventional; Creative; Math |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Nov 2017 09:55 |
Last Modified: | 01 Nov 2017 06:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26969 |