Musfirah, Indzim (2017) PERBEDAAN MEDIA PEMBELAJARAN LKS DAN KARTU SOAL BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI LARUTAN PENYANGGA (BUFFER). Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133131025 COVER.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
2. NIM 4133131025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
3. NIM 4133131025 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
4. NIM 4133131025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
5. NIM 4133131025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
6. NIM 4133131025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
7. NIM 4133131025 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
8. NIM 4133131025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
9. NIM 4133131025 BAB I.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
13. NIM 4133131025 BAB V.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
14. NIM 4133131025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan media pembelajaran LKS
berbasis problem solving dan Kartu Soal berbasis problem solving dalam
mereduksi miskonsepsi larutan penyangga. Populasi penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas XI MIA di Kota Binjai. Sampel penelitian ini yaitu kelas eksperimen I
yang diajarkan menggunakan media pembelajaran LKS berbasis problem solving
dan kelas eksperimen II yang diajarkan media pembelajaran Kartu Soal berbasis
problem solving. Hasil belajar dikumpulkan menggunakan test diagnostik berupa
tes benar salah beralasan. Data dianalisis menggunakan Microsoft office excel-
2007. Data hasil belajar diuji normalitas dan homogenitasnya, kedua sampel
homogen dan berdistribusi normal. Data hasil belajar menunjukkan pada kelas
eksperimen I dan eksperimen II berturut-turut dengan rataan 80,31 dan 69,46.
Nilai gain ternormalisasi kelas eksperimen I sebesar 0,68 dan kelas eksperimen II
sebesar 0,45 yang berarti peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas
eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan ada
perbedaan media pembelajaran LKS dan Kartu Soal berbasis problem solving
untuk mereduksi miskonsepsi larutan penyangga (buffer).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 242 |
Keywords: | LKS, Kartu Soal |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 09:11 |
Last Modified: | 30 Oct 2017 02:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26839 |