PERBEDAAN MEDIA PEMBELAJARAN LKS DAN KARTU SOAL BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI LARUTAN PENYANGGA (BUFFER)

Musfirah, Indzim (2017) PERBEDAAN MEDIA PEMBELAJARAN LKS DAN KARTU SOAL BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI LARUTAN PENYANGGA (BUFFER). Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4133131025 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4133131025 COVER.pdf - Published Version

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4133131025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4133131025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4133131025 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4133131025 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4133131025 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4133131025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4133131025 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4133131025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4133131025 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4133131025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (16kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4133131025 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4133131025 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4133131025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4133131025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (13kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4133131025 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4133131025 BAB I.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4133131025 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4133131025 BAB V.pdf - Published Version

Download (17kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4133131025 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4133131025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan media pembelajaran LKS
berbasis problem solving dan Kartu Soal berbasis problem solving dalam
mereduksi miskonsepsi larutan penyangga. Populasi penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas XI MIA di Kota Binjai. Sampel penelitian ini yaitu kelas eksperimen I
yang diajarkan menggunakan media pembelajaran LKS berbasis problem solving
dan kelas eksperimen II yang diajarkan media pembelajaran Kartu Soal berbasis
problem solving. Hasil belajar dikumpulkan menggunakan test diagnostik berupa
tes benar salah beralasan. Data dianalisis menggunakan Microsoft office excel-
2007. Data hasil belajar diuji normalitas dan homogenitasnya, kedua sampel
homogen dan berdistribusi normal. Data hasil belajar menunjukkan pada kelas
eksperimen I dan eksperimen II berturut-turut dengan rataan 80,31 dan 69,46.
Nilai gain ternormalisasi kelas eksperimen I sebesar 0,68 dan kelas eksperimen II
sebesar 0,45 yang berarti peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas
eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan ada
perbedaan media pembelajaran LKS dan Kartu Soal berbasis problem solving
untuk mereduksi miskonsepsi larutan penyangga (buffer).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 KIM 242
Keywords: LKS, Kartu Soal
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 30 Oct 2017 09:11
Last Modified: 30 Oct 2017 02:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26839

Actions (login required)

View Item
View Item