Simbolon, Asima (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DAN PEMAHAMAN KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4132121030 COVER.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
2. NIM 4132121030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
3. NIM 4132121030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
4. NIM 4132121030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
5. NIM 4132121030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
6. NIM 4132121030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM 4132121030 TABLES.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
8. NIM 4132121030 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
9. NIM 4132121030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
13. NIM 4132121030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
14. NIM 4132121030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana hasil belajar , sikap belajar dan keterampilan belajar menggunakan model inkuiri terbimbing (guided inquiry) dan pembelajaran konvensional, 2) mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing, 3) mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar fisika antara siswa pemahaman konsep kelompok atas dan siswa pemahaman konsep kelompok bawah, 4) mengetahui interaksi antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pemahaman konsep siswa dalam mempengaruhi hasil belajar siswa.
Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara cluster random sampling sebanyak dua kelas, dimana satu kelas sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran pembelajaran inkuiri terbimbing (X MIA 12) dan kelas yang lain sebagai kelas kontrol (X MIA 1) diterapkan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Instrumen pemahaman konsep dan hasil belajar berbentuk pilihan berganda dengan lima pilihan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) hasil belajar pengetahuan, sikap dan keterampilan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional, 2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan pembelajaran onvensional, 3) terdapat perbedaan hasil belajar siswa pemahaman konsep kelompok atas dan kelompok bawah dan 4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan pemahaman konsep dalam mempengaruhi hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 132 |
Keywords: | Inkuiri Terbimbing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC221 Acoustics. Sound |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 10:45 |
Last Modified: | 12 Sep 2017 02:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26180 |