Mutiara L. M, Steffanie (2017) PENGARUH METODE SOCRATIC CIRCLES DISERTAI MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 1 SUNGGAL PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133341090 COVER .pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM 4133341090 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
3. NIM 4133341090 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4. NIM 4133341090 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
5. NIM 4133341090 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6. NIM 4133341090 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM 4133341090 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM 4133341090 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 4133341090 DAFTAR LAMIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
10. NIM 4133341090 BAB I.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
14. NIM 4133341090 BAB V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
15. NIM 4133341090 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh metode Socratic Circles disertai media gambar dan kemampuan berpikir kritis siswa, dan pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil kemampuan berpikir kritis siswa di kelas XI MIA SMA Negeri 1 Sunggal pada materi sistem penapasan manusia. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dan dilakukan di kelas XI MIA SMA Negeri 1 Sunggal, menggunakan desain faktorial 2 x 2 dan sampel berjumlah 72 orang siswa yang pengambilannya berdasarkan random sampling. Uji statistic inferensial digunakan ANAVA dua jalur. Sebelum ANAVA dua jalur digunakan terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas varians dengan uji Levene’s. Berdasakan ± SE hasil analisis varians (ANAVA) diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) Hasil kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan metode Socratic Circles disertai media gambar 80±1,26 lebih tinggi dibandingkan hasil kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan metode diskusi 65±1,59 di SMA Negeri 1 Sunggal; (2) Hasil kemampuan berpikir kritis siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi 78,78±1,22 lebih tinggi dibandingkan hasil kemampuan berpikir kritis siswa dengan kemampuan berpikir kritis rendah 65,86±1,90; dan (3) Terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil kemampuan berpikir kritis siswa. Interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis berpengaruh signifikan terhadap hasil kemampuan berpikir kritis siswa (Fhitung = 3,320; P = 0,073).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 058 |
Keywords: | Socratic Circles; media gambar; kemampuan berpikir kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 05 Sep 2017 16:29 |
Last Modified: | 05 Sep 2017 10:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26035 |