PENGARUH METODE SOCRATIC CIRCLES DISERTAI MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 1 SUNGGAL PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA T.P. 2016/2017

Mutiara L. M, Steffanie (2017) PENGARUH METODE SOCRATIC CIRCLES DISERTAI MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 1 SUNGGAL PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4133341090 COVER .pdf]
Preview
Text
1. NIM 4133341090 COVER .pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4133341090 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4133341090 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4133341090 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4133341090 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4133341090 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4133341090 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4133341090 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4133341090 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4133341090 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4133341090 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4133341090 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4133341090 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4133341090 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4133341090 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4133341090 DAFTAR LAMIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4133341090 DAFTAR LAMIRAN.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 4133341090 BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM 4133341090 BAB I.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4133341090 BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4133341090 BAB V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 4133341090 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM 4133341090 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh metode Socratic Circles disertai media gambar dan kemampuan berpikir kritis siswa, dan pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil kemampuan berpikir kritis siswa di kelas XI MIA SMA Negeri 1 Sunggal pada materi sistem penapasan manusia. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dan dilakukan di kelas XI MIA SMA Negeri 1 Sunggal, menggunakan desain faktorial 2 x 2 dan sampel berjumlah 72 orang siswa yang pengambilannya berdasarkan random sampling. Uji statistic inferensial digunakan ANAVA dua jalur. Sebelum ANAVA dua jalur digunakan terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas varians dengan uji Levene’s. Berdasakan ± SE hasil analisis varians (ANAVA) diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) Hasil kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan metode Socratic Circles disertai media gambar 80±1,26 lebih tinggi dibandingkan hasil kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan metode diskusi 65±1,59 di SMA Negeri 1 Sunggal; (2) Hasil kemampuan berpikir kritis siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi 78,78±1,22 lebih tinggi dibandingkan hasil kemampuan berpikir kritis siswa dengan kemampuan berpikir kritis rendah 65,86±1,90; dan (3) Terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil kemampuan berpikir kritis siswa. Interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis berpengaruh signifikan terhadap hasil kemampuan berpikir kritis siswa (Fhitung = 3,320; P = 0,073).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 BIO 058
Keywords: Socratic Circles; media gambar; kemampuan berpikir kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 05 Sep 2017 16:29
Last Modified: 05 Sep 2017 10:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26035

Actions (login required)

View Item
View Item