Siregar, Susilawaty (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATI TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA KELAS X PADA MATERI SUHU DAN KALOR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4131121042 COVER.PDF - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. 4131121042 LEMBAR PENGESAHAN.PDF - Published Version
Download (338kB) | Preview
3. 4131121042 ABSTRAK.PDF - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. 4131121042 KATA PENGANTAR.PDF - Published Version
Download (241kB) | Preview
5. 4131121042 DAFTAR ISI.PDF - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. 4131121042 DAFTAR GAMBAR.PDF - Published Version
Download (61kB) | Preview
7. 4131121042 DAFTAR TABEL.PDF - Published Version
Download (62kB) | Preview
8. 4131121042 DAFTAR LAMPIRAN.PDF - Published Version
Download (61kB) | Preview
9. 4131121042 BAB I.PDF - Published Version
Download (276kB) | Preview
13. 4131121042 BAB V.PDF - Published Version
Download (62kB) | Preview
14. 4131121042 DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version
Download (194kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar pengetahuan konseptual fisika siswa pada materi suhu dan kalor. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan desain penelitian pretest-postest control group design. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 5 Medan dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling dan pemilihan kelas dilakukan secara random, didapatkan siswa kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes esai pengetahuan konseptual dengan jumlah soal 9 item dan lembar observasi afektif serta keterampilan. Analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5% dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 7,17 dan kelas kontrol adalah 7,38 sedangkan nilai rata-rata postes kelas eksperimen adalah 69,56 dan kelas kontrol adalah 46,81. Peningkatan hasil belajar pengetahuan konseptual sebesar 48,6 %. Berdasarkan hasil observasi didapatkan rata-rata afektif siswa 2,2 dalam kategori baik sekali sedangkan rata-rata keterampilan siswa 2,1 dalam kategori baik sekali. Hasil uji hipotesis dengan uji t dengan thitung > ttabel ( 9,52 > 1,67) menunjukkan hasil belajar pengetahuan konseptual fisika dengan model kooperatif tipe GI lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI terhadap hasil belajar pengetahuan konseptual.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 115 |
Keywords: | Group Investigation; Media Visual; Pengetahuan Konseptual |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Aug 2017 14:42 |
Last Modified: | 04 Sep 2017 07:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25957 |