Putri, Aulia Azmi (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN REAKSI REDOKS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4131131008 JUDUL.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM. 4131131008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
3. NIM. 4131131008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
4. NIM. 4131131008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
5. NIM. 4131131008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6. NIM. 4131131008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 4131131008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 4131131008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
9. NIM. 4131131008 BAB I.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
13. NIM. 4131131008 BAB V.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
14. NIM. 4131131008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa yang mendapat pembelajaran model problem based learning (PBL) menggunakan media peta konsep dengan siswa yang mendapat pembelajaran model konvensional (ceramah) menggunakan media peta konsep pada pokok bahasan Reaksi Redoks. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan IPA di SMA Negeri 21 Medan. Sampel penelitian ini diambil secara random sampling sebanyak dua kelas, yakni satu kelas sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan penerapan model problem based learning (PBL) menggunakan media peta konsep dan satu kelas sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan model konvensional (ceramah) menggunakan media peta konsep. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diperoleh data hasil pretest, posttest, gain serta nilai aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dan homogen. Untuk uji hipotesis I mengenai peningkatan hasil belajar dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh data thitung > ttabel yakni 9,256 > 1,669, yang berarti Ha diterima dan tolak Ho yaitu peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat pembelajaran model problem based learning (PBL) menggunakan media peta konsep (84%) lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat pembelajaran model konvensional (ceramah) menggunakan media peta konsep (70%), sedangkan untuk uji hipotesis II mengenai aktivitas belajar siswa diperoleh data thitung > ttabel yakni 2,494 > 1,669 yang berarti Ha diterima dan tolak Ho yaitu aktivitas belajar siswa yang mendapat pembelajaran model problem based learning (PBL) menggunakan media peta konsep (74,63%) lebih aktif daripada aktivitas belajar siswa yang mendapat pembelajaran model konvensional (ceramah) menggunakan media peta konsep (70,83%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 046 |
Keywords: | Problem based learning (PBL); Media peta konsep; Hasil belajar; Aktivitas belajar; Reaksi redoks |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Aug 2017 13:47 |
Last Modified: | 23 Aug 2017 07:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25879 |