Rangkuti, Nur Hafizah Nazrianti (2017) PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN TPS PADA SISWA KELAS VII MTS NEGERI TEBING TINGGI T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4131111031 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM 4131111031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
3. NIM 4131111031 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM 4131111031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
5. NIM 4131111031 KATA PENGANTAR .pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
6. NIM 4131111031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7. NIM 4131111031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 4131111031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM 4131111031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
10. NIM 4131111031 BAB I.pdf - Published Version
Download (758kB) | Preview
14. NIM 4131111031 BAB V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
15 .NIM 4131111031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan
masalah matematik siswa yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe
STAD lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematik siswa
yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS di MTs Negeri
Tebing Tinggi T.A 2016/2017, dan untuk mengetahui proses penyelesaian
jawaban siswa terkait kemampuan pemecahan masalah matematik yang diajarkan
melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TPS. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri Tebing Tinggi T.A
2016/2017 dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 dan VII-2
yang masing-masing kelas berjumlah 36 siswa. Kelas VII-1 belajar dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas VII-2 belajar
dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Jenis penelitian
ini adalah eksperimen semu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah matematik, berupa soal pretest
dan soal posttest masing-masing sebanyak 3 butir untuk melihat kemampuan
pemecahan masalah matematik siswa dan untuk mengetahui proses penyelesaian
jawaban siswa. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa hasil selisih postestpretest
dengan menggunakan uji-t pada taraf 0,05 diperoleh hitungl t > tabel t yaitu
2,027 > 1,669 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, Maka dapat disimpulkan
bahwa kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajar melalui
model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi daripada kemampuan
pemecahan masalah matematik siswa yang diajar melalui model pembelajaran
kooperatif tipe TPS pada siswa kelas VII MTs Negeri Tebing Tinggi T.A
2016/2017, dan dari proses jawaban siswa dapat disimpulkan bahwa kelas
eksperimen I yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD
menunjukkan hasil yang lebih tinggi daripada kelas eksperimen II yang diajar
melalui model pembelajaran TPS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 104 |
Keywords: | Eksperimen semu; Pemecahan Masalah; STAD; TPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 10:30 |
Last Modified: | 23 Aug 2017 04:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25782 |