Anggraini, Veny Septia (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA DHARMAWANGSA MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4131121045 COVER.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
2. NIM. 4131121045 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
3. NIM. 4131121045 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4. NIM. 4131121045 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
5. NIM. 4131121045 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM. 4131121045 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
7. NIM. 4131121045 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
8. NIM. 4131121045 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
9. NIM. 4131121045 BAB I.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
13. NIM. 4131121045 BAB V.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
14. NIM. 4131121045 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa pada materi Suhu dan Kalor di Kelas X SMA Dharmawangsa Medan TP 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian tipe Two Group (Pre-Test dan Post-test). Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Dharmawangsa Medan yang terdiri dari 9 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 9 kelas secara acak yaitu kelas X MIA-6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA-7 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing berjumlah 30 siswa. Instrumen bentuk tes essay dengan jumlah soal 8 item. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Hipotesis (Uji t). Berdasarkan hasil analisis pretest diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen = 32,50 dan kelas kontrol = 28,7. Kedua sampel penelitian ini berdistribusi normal dan homogen. Nilai rata-rata postest kelas eksperimen = 66,93 dan kelas kontrol = 57,43. Nilai rata-rata aktivitas siswa pertemuan I = 73,33; pertemuan II = 74,44; pertemuan III = 77,11; pertemuan IV = 79,56. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 76,11 termasuk dalam kategori aktif. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbasis kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Suhu dan Kalor di Kelas X SMA Dharmawangsa Medan TP 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 071 |
Keywords: | Problem Based Learning; Kemampuan Berpikir Kritis; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Aug 2017 09:35 |
Last Modified: | 16 Aug 2017 03:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25655 |