Rabiulfa, Nurhasbi (2017) IMPLEMENTASI INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI SEMESTER GENAP PADA MATERI POKOK HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4132131020 COVER.pdf_docx.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
2. NIM. 4132131020 APPROVAL SHEET.pdf_docx.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 4132131020 ABSTRACT.pdf_docx.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
4. NIM. 4132131020 PREFACE.pdf_docx.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
5. NIM. 4132131020 TABLE OF CONTENT.pdf_doc.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM. 4132131020 TABLES.pdf_doc.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
7. NIM. 4132131020 ILLUSTRATION.pdf_doc.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
8. NIM. 4132131020 APPENDICES.pdf_doc.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
9. NIM. 4132131020 CHAPTER I.pdf_docx.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
13. NIM. 4132131020 CHAPTER V.pdf_docx.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
14. NIM. 4132131020 BIBLIOGRAPHY.pdf_docx.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bahwa aktivitas dan hasil belajar
kimia siswa yang diberikan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbasis
Pedagogical Content Knowledge (PCK) dengan model pembelajaran
konvensional pada pokok bahasan larutan penyangga. Populasi penelitian adalah
seluruh siswa kelas XI IPA MAN 2 Model Medan yang berjumlah 8 kelas.
Sampel penelitian adalah dua kelas yang diambil dengan teknik penentuan sampel
(sampling purposif) yaitu kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model
pembelajaran inkuiri Terbimbing berbasis Pedagogical Content Knowledge
(PCK) dan kelas kontrol dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional.
Instrumen penelitian adalah tes objektif dalam bentuk pilihan berganda berjumlah
20 soal yang sudah diuji validitas butir item, tingkat kesukaran, daya beda, dan
reliabilitas. Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata
pretest sebesar 40 dan postest adalah 87. Sedangkan nilai rata-rata pretest untuk
kelas kontrol adalah 42 dan postest adalah 81,09. Data yang diperoleh dengan
analisis uji t satu pihak yaitu pihak kanan pada taraf signifikan sebesar 95%.
Aktivitas dan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan inkuiri terbimbing
berbasis Pedagogical Content Knowledge (PCK) lebih tinggi dibandingkan
dengan aktivitas dan hasil belajar siswa yang diajar dengan model Konvensional
pada materi hidrolisis garam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 103 |
Keywords: | inkuiri terbimbing; pedagogical content knowledge; aktivitas belajar; hasiol belajar; hidrolisis garam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 15:32 |
Last Modified: | 09 Aug 2017 03:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25307 |