IMPLEMENTASI INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI SEMESTER GENAP PADA MATERI POKOK HIDROLISIS GARAM

Rabiulfa, Nurhasbi (2017) IMPLEMENTASI INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI SEMESTER GENAP PADA MATERI POKOK HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4132131020 COVER.pdf_docx.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4132131020 COVER.pdf_docx.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4132131020 APPROVAL SHEET.pdf_docx.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4132131020 APPROVAL SHEET.pdf_docx.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4132131020 ABSTRACT.pdf_docx.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4132131020 ABSTRACT.pdf_docx.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4132131020 PREFACE.pdf_docx.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4132131020 PREFACE.pdf_docx.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4132131020 TABLE OF CONTENT.pdf_doc.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4132131020 TABLE OF CONTENT.pdf_doc.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4132131020 TABLES.pdf_doc.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4132131020 TABLES.pdf_doc.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4132131020 ILLUSTRATION.pdf_doc.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4132131020 ILLUSTRATION.pdf_doc.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4132131020 APPENDICES.pdf_doc.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4132131020 APPENDICES.pdf_doc.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4132131020 CHAPTER I.pdf_docx.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4132131020 CHAPTER I.pdf_docx.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4132131020 CHAPTER V.pdf_docx.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4132131020 CHAPTER V.pdf_docx.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4132131020 BIBLIOGRAPHY.pdf_docx.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4132131020 BIBLIOGRAPHY.pdf_docx.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bahwa aktivitas dan hasil belajar
kimia siswa yang diberikan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbasis
Pedagogical Content Knowledge (PCK) dengan model pembelajaran
konvensional pada pokok bahasan larutan penyangga. Populasi penelitian adalah
seluruh siswa kelas XI IPA MAN 2 Model Medan yang berjumlah 8 kelas.
Sampel penelitian adalah dua kelas yang diambil dengan teknik penentuan sampel
(sampling purposif) yaitu kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model
pembelajaran inkuiri Terbimbing berbasis Pedagogical Content Knowledge
(PCK) dan kelas kontrol dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional.
Instrumen penelitian adalah tes objektif dalam bentuk pilihan berganda berjumlah
20 soal yang sudah diuji validitas butir item, tingkat kesukaran, daya beda, dan
reliabilitas. Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata
pretest sebesar 40 dan postest adalah 87. Sedangkan nilai rata-rata pretest untuk
kelas kontrol adalah 42 dan postest adalah 81,09. Data yang diperoleh dengan
analisis uji t satu pihak yaitu pihak kanan pada taraf signifikan sebesar 95%.
Aktivitas dan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan inkuiri terbimbing
berbasis Pedagogical Content Knowledge (PCK) lebih tinggi dibandingkan
dengan aktivitas dan hasil belajar siswa yang diajar dengan model Konvensional
pada materi hidrolisis garam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 KIM 103
Keywords: inkuiri terbimbing; pedagogical content knowledge; aktivitas belajar; hasiol belajar; hidrolisis garam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Aug 2017 15:32
Last Modified: 09 Aug 2017 03:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25307

Actions (login required)

View Item
View Item