Bukhori (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8136172012 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. 8136172012 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
3. 8136172012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4. 8136172012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
5. 8136172012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
6. 8136172012 TABLES.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
7. 8136172012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
8. 8136172012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (711kB) | Preview
12. 8136172012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
13. 8136172012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (541kB) | Preview
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diberi pendekatan CTL dengan siswa yang diberi pembelajaran biasa, (2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diberi pendekatan CTL lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diberi pembelajaran biasa, (3) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan dengan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa, (4) Terdapat perbedaan peningkatan kemandirian belajar siswa yang diberi pendekatan CTL dengan siswa yang diberi pembelajaran biasa, (5) Peningkatan kemandirian belajar siswa yang diberi pendekatan CTL lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diberi pembelajaran biasa, (6) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan dengan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa . Hasil penelitian lainnya menunjukkan bahwa proses penyelesaian jawaban siswa yang diberi pendekatan CTL lebih bervariasi dibandingkan dengan siswa yang diberi pembelajaran biasa. Saran kepada guru adalah (1) Pembelajaran dengan pendekatan CTL dapat dijadikan salah satu alternatif bagi guru matematika dalam menyajikan materi pelajaran matematika, (2) Pembelajaran dengan pendekatan CTL hendaknya diterapkan pada materi yang nyata disekitar lingkungan belajar siswa, (3) Dalam setiap pembelajaran guru sebaiknya menciptakan suasana belajar yang memberi kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan gagasan-gagasan matematika dalam bahasa dan cara mereka sendiri. Saran kepada peneliti lanjutan, hendaknya penelitian ini dapat dilengkapi dengan meneliti aspek lain secara terperinci yang belum terjangkau dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Buk p |
Keywords: | Pendekatan CTL; Kemampuan pemecahan masalah; Kemandirian belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Apr 2017 08:00 |
Last Modified: | 21 Apr 2017 08:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24209 |