Prayogo, Donny (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 39 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 6123311024 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. NIM 6123311024 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (823kB) | Preview
3. NIM 6123311024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
4. NIM 6123311024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
5. NIM 6123311024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
6. NIM 6123311024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
7. NIM 6123311024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
8. NIM 6123311024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
9. NIM 6123311024 BAB I.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
13. NIM 6123311024 BAB V.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
14. NIM 6123311024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lompat
jauh gaya jongkok dengan menggunakan metode bermain pada siswa kelas VIII
SMP Negeri 39 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini
adalah kelas VIII-F dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang siswa yang akan
diberikan tindakan berupa pengajaran melalui penggunaan pembelajaran metode
bermain sirkuit. Jenis penelitian yang dipakai adalah Penelitian Tindakan Kelas
(Classroom Action Research).
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil
Belajar Siklus I dan Tes Hasil Belajar Siklus II dengan teknik dasar lompat jauh
gaya jongkok dengan dua kali pertemuan. Setelah data terkumpul dan dilakukan
analisis maka diperoleh hasil analisisnya : (1) dari data hasil tes belajar Siklus I
diperoleh 27 orang (67,5%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar,
sedangkan 13 orang (32,5%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan
nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 77,2. (2) dari tes hasil belajar Siklus II
diperoleh 35 orang (87,5%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar,
sedangkan 5 orang (12,5%) yang belum mencapai ketuntasan belajar, dengan nilai
rata-rata hasil belajar siswa adalah 82,8. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi
peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu
sebesar 5,6 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 20%.
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan oleh peneliti melalui
proses observasi dan tes hasil belajar siklus I dan II dapat dikatakan bahwa
“Melalui penggunaan pembelajaran metode bermain dapat meningkatkan hasil
belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa SMP Negeri 39 Medan Tahun
Ajaran 2016/2017”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 022 |
Keywords: | Lompat Jauh ,Gaya Jongkok, Metode Bermain |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV712 Athletic contests. Sports events L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 Feb 2017 02:51 |
Last Modified: | 27 Feb 2017 02:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23261 |