Manulang, Desiana (2015) PEMBELAJARAN GITAR GRADE I KURIKULUM TRINITY DENGAN MENGGUNAKAN METODE PLAY CLASSICAL GUITAR DI AVIA CANTATA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2103140009 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. NIM. 2103140009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (590kB) | Preview
3. NIM. 2103140009 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4. NIM. 2103140009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
5. NIM. 2103140009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
6. NIM. 2103140009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
7. NIM. 2103140009 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. NIM. 2103140009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (564kB) | Preview
12. NIM. 2103140009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
13. NIM. 2103140009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran gitar grade I kurikulum trinity di Avia Cantata.Sedangkan waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2014 samapai Oktober 2014.
Penelitian ini berdasarkan pada landasan teoritis yang menjelaskan pengertian pembelajaran, pengertian gitar, pengertian kurikulum trinity, pengertian metode play classical guitar, serta profil dari Avia Cantata
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sampel pada penelitian ini adalah 6 orang siswa dan 1 orang pengajar/instruktur. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, studi kepustakaan, tes praktek dan dokumentasi. Penelitian ini mengambil lokasi di Avia Cantata Jalan Setia Budi No 43 Medan.
Pembelajaran gitar grade I kurikulum trinity dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, metode demonstrasi, metode drill dan metode play classical guitar. Pada awal pembelajaran instruktur memberikan penjelasan tentang bagian-bagian gitar dan mengajarkan cara menempatkan penjarian pada tangan kanan dan tangan kiri. Kemudian menjelaskan tentang bentuk dan nilai not. Kemudian mengenalkan keenam senar yang terdapat pada instrument gitar, mengajarkan cara memetik gitar. Setelah anak paham tentang teori music dan memainkan skill atau tangga nada dengan tempo yang stabil, maka instruktur memberikan bahan atau materi lagu yang disesuaikan dengan kemampuan anak.
Setelah analisis dilakukan, ditemukan hasil bahwa pembelajaran gitar grade I kurikulum trinity dengan menggunakan metode play classical guitar berada pada kategori baik. Hasil tersebut diperoleh dari hasil tes praktek yang menunjukkan bahwa rata-rata anak sudah mampu memainkan notasi balok yang terdapat dalam partitur gitar dengan nilai yang baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MSK 033 |
Keywords: | Pembelajaran Gitar, Kurikulum Trinity, Metode Play Classical Guitar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum M Music and Books on Music > M Music > M5 Instrumental music > M1000 Orchestra |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 Dec 2016 03:49 |
Last Modified: | 27 Dec 2016 03:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22358 |