Manik, Widya Kristiani (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 KOTAPINANG T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1_ 4123311055_Cover.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
2_4123311055_Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
3_4123311055_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
4_4123311055_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
5_4123311055_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6_4123311055_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
7_4123311055_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
8_4123311055_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
9_4123311055_BAB I.pdf - Published Version
Download (774kB) | Preview
13_4123311055_ BAB V.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
14_4123311055_DAFTAR PUSTAKA (Autosaved).pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pendekatan
Pembelajaran Matematika Realistik dapat meningkatkan kemampuan representasi
dan kemampuan pemecahan masalah pada materi pokok prisma dan limas siswa SMP
Negeri 1 Kotapinang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Objek
penelitian ini adalah pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik untuk
meningkatkan kemampuan representasi dan kemampuan pemecahan masalah pada
materi pokok prisma dan limas siswa SMP Negeri 1 Kotapinang. Subjek penelitian
ini adalah siswa Kelas VIII-I SMP Negeri 1 Kotapinang T.A. 2015/2016.
Sebelum tindakan dilakukan terlebih dahulu diberikan tes awal untuk
mengetahui kemampuan awal. Dari hasil tes awal yang diperoleh menunjukkan
bahwa siswa kelas VIII-1 diperoleh 19 orang siswa (63,33%) yang mencapai nilai
persentase dan 11 orang siswa (36,67%) yang mencapai nilai persentase
(syarat ketuntasan belajar TKRM). Sedangkan kemampuan pemecahan
masalah dari hasil tes awal yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa kelas VIII-1
diperoleh 19 orang siswa (63,33%) yang mencapai nilai persentase dan 11
orang siswa (36,67%) yang mencapai nilai persentase (syarat ketuntasan
belajar TKPM). Setelah pemberian tindakan pengajaran melalui pendekatan
pembelajaran matemaika realistik, nilai TKRM I di kelas VIII-I dari 30 orang siswa,
23 orang siswa (76,67%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar klasikal mencapai
nilai persentase sedangkan 7 orang siswa (23,33%) belum mencapai tingkat
ketuntasan belajar TKRM. Nilai TKPM I dari 30 orang siswa 23 orang siswa
(76,67%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar klasikal dan 7 orang siswa
(23,33%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar TKPM. Setelah dilakukannya
perbaikan dari siklus I ke siklus II di kelas VIII-I, nilai TKRM siklus II dari 30 orang
siswa 26 orang siswa (86,67%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar klasikal
mencapai nilai persentase dan 4 orang siswa (13,33%) belum mencapai
tingkat ketuntasan belajar TKRM. Sedangkan nilai TKPM dari 30 siswa 27 siswa
(90%) %) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar klasikal dan 3 orang siswa (10%)
belum mencapai tingkat ketuntasan TKPM. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh
bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika
Realistik di SMP Negeri 1 Kotapinang dapat meningkatkan kemampuan representasi
dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi prisma dan
limas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 139 |
Keywords: | Prisma dan Limas; Pembelajaran Matematika; Kemampuan Representasi Matematik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Oct 2016 01:49 |
Last Modified: | 25 Oct 2016 01:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20835 |