Sinaga, Heni (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA MATERI SISTEM INDRA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2 0 1 5 / 2 0 1 6. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123141038_COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2. NIM. 4123141038_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
3. NIM. 4123141038_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
4. NIM. 4123141038_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
5. NIM. 4123141038_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
6. NIM. 4123141038_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
7. NIM. 4123141038_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
8. NIM. 4123141038_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
9. NIM. 4123141038_BAB I.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
13. NIM. 4123141038_BAB V.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
14. NIM. 4123141038_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang
diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan Two
Stay Two Stray (TSTS) pada materi sistem indra di kelas XI IPA SMA Negeri 3
Medan tahun pembelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Quasi
Experiment dan rancangan penelitian yang digunakan adalah Pre-test Post-test
Group Design. Sampel penelitian diambil secara random sampling (sampel acak)
yang berjumlah 90 orang terdiri dari 2 kelas, dimana kelas XI IPA4 diajar
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan
kelas XI IPA5 diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay
Two Stray (TSTS). Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar siswa
dengan model pembelajaran TSTS adalah 78,81 lebih tinggi dibandingkan dengan
hasil belajar siswa dengan model pembelajaran TPS dengan rata-rata 72,78
Analisis pengujian hipotesis menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,05
menunjukkan thitung > ttabel (3,313 > 1,990), yang berarti dalam penelitian ini Ho
ditolak sedangkan Ha diterima. Dengan demikian penelitian ini menunjukkan
bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada materi sistem indra di kelas XI
IPA SMA Negeri 3 Medan tahun pembelajaran 2015/2016 lebih baik
dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS)
dan berbeda secara signifikan pada α = 0,05
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 141 |
Keywords: | Hasil Belajar Siswa; Think Pair Share ; Two Stay Two Stray |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Oct 2016 08:10 |
Last Modified: | 18 Oct 2016 08:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20646 |