PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAPHASILBELAJARSISWA(KETERAMPILAN PROSESSAINS)DI SMANEGERI1HINAI

Mulia, Ramadhani (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAPHASILBELAJARSISWA(KETERAMPILAN PROSESSAINS)DI SMANEGERI1HINAI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01 NIM 4121121022 COVER.pdf]
Preview
Text
01 NIM 4121121022 COVER.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 02 NIM 4121121022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
02 NIM 4121121022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[thumbnail of 03 NIM 4121121022 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
03 NIM 4121121022 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 04 NIM 4121121022 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
04 NIM 4121121022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 05 NIM 4121121022 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
05 NIM 4121121022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 06 NIM 4121121022 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
06 NIM 4121121022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 07 NIM 4121121022 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
07 NIM 4121121022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 08 NIM 4121121022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
08 NIM 4121121022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 09 NIM 4121121022 BAB I.pdf]
Preview
Text
09 NIM 4121121022 BAB I.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM 4121121022 BAB V.pdf]
Preview
Text
13 NIM 4121121022 BAB V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM 4121121022 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14 NIM 4121121022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan keterampilan proses sains siswa
yang diterapkan dengan model pembelajaran inquiry training lebih baik
dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dan mengetahui pengaruh
model pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan proses sains fisika
siswa.
Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Hinai pada tahun pelajaran
2015/2016. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X. Sampel kelas
diambil dengan metode cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 5
kelas secara acak yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28
orang dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 26 orang. Instrumen
yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar adalah tes hasil belajar dalam
bentuk essay dengan jumlah 7 soal. Aktivitas keterampilan proses sains siswa
dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh observer.
Berdasarkan analisa data, nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 16,78 dan
kelas kontrol 17,30. Pada pengujian normalitas untuk pretes pada kelas
eksperimen dan kelas kontrol diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas
berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung< Ftabel , maka kedua
sampel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian diberikan perlakuan
yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran inquiry training dan
kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah dilakukan
perlakuan pada masing-masing kelas, nilai rata-rata postes kelas eksperimen 67,85
dan kelas kontrol 60,57. Aktivitas siswa kelas eksperimen dari tiap pertemuan
mengalami peningkatan, dari kategori kurang aktif hingga kategori aktif. Hasil uji
t diperoleh thitung = 2,34 dan ttabel = 1,67 sehingga thitung> ttabel maka Ha diterima,
yang berarti ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran inquiry training
terhadap hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis di kelas X semester II
SMA Negeri 1Hinai T.P 2015/2016

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 FIS 170
Keywords: Inquiry Training; Keterampilan Proses Sains; Fisika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Oct 2016 04:01
Last Modified: 17 Oct 2016 04:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20576

Actions (login required)

View Item
View Item