Mulia, Ramadhani (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAPHASILBELAJARSISWA(KETERAMPILAN PROSESSAINS)DI SMANEGERI1HINAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 4121121022 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
02 NIM 4121121022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
03 NIM 4121121022 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
04 NIM 4121121022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
05 NIM 4121121022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
06 NIM 4121121022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
07 NIM 4121121022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
08 NIM 4121121022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
09 NIM 4121121022 BAB I.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
13 NIM 4121121022 BAB V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
14 NIM 4121121022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan keterampilan proses sains siswa
yang diterapkan dengan model pembelajaran inquiry training lebih baik
dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dan mengetahui pengaruh
model pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan proses sains fisika
siswa.
Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Hinai pada tahun pelajaran
2015/2016. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X. Sampel kelas
diambil dengan metode cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 5
kelas secara acak yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28
orang dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 26 orang. Instrumen
yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar adalah tes hasil belajar dalam
bentuk essay dengan jumlah 7 soal. Aktivitas keterampilan proses sains siswa
dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh observer.
Berdasarkan analisa data, nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 16,78 dan
kelas kontrol 17,30. Pada pengujian normalitas untuk pretes pada kelas
eksperimen dan kelas kontrol diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas
berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung< Ftabel , maka kedua
sampel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian diberikan perlakuan
yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran inquiry training dan
kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah dilakukan
perlakuan pada masing-masing kelas, nilai rata-rata postes kelas eksperimen 67,85
dan kelas kontrol 60,57. Aktivitas siswa kelas eksperimen dari tiap pertemuan
mengalami peningkatan, dari kategori kurang aktif hingga kategori aktif. Hasil uji
t diperoleh thitung = 2,34 dan ttabel = 1,67 sehingga thitung> ttabel maka Ha diterima,
yang berarti ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran inquiry training
terhadap hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis di kelas X semester II
SMA Negeri 1Hinai T.P 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 170 |
Keywords: | Inquiry Training; Keterampilan Proses Sains; Fisika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Oct 2016 04:01 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 04:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20576 |