Malau, Tionar Melissa (2016) EFEK MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1.NIM 8146175036 SAMPUL TESIS.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
2. NIM 8146175036 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (484kB) | Preview
3.NIM 8146175036 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
4.NIM 8146175036 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
5.NIM 8146175036 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6.NIM 8146175036 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7.NIM 8146175036 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
8.NIM 8146175036 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
9.NIM 8146175036 BAB I.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
13.NIM 8146175036 BAB V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
14. NIM 8146175036 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pembelajaran konvensional, kemampuan pemecahan masalah siswa yang kemandirian belajarnya di atas rata-rata lebih baik dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah kelompok siswa yang kemandirian belajarnya dibawah rata-rata, dan ada interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah dan kemandirian belajar dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain two group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 13 Medan tahun ajaran 2015/2016. Pemilihan sampel diambil secara cluster random sampling. Sampel dibagi dalam dua kelas, kelas eksperimen diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah dan angket kemandirian belajar. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelompok siswa yang memiliki kemandirian belajardi atas rata-rata lebih baik dari pada siswa yang memiliki kemandirian belajar di bawah rata-rata, serta terdapat interaksi antara model pembelajaran pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran konvensional dengan kemandirian belajar dalam mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Mal e |
Keywords: | Model pembelajaran berbasis masalah; Pembelajaran konvensional; Kemandirian belajar; Kemampuan pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Sep 2016 03:58 |
Last Modified: | 15 Sep 2016 03:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19553 |