Simalango, Rumentauli Reginalda (2015) EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8136176035 COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. NIM 8136176035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (585kB) | Preview
3. NIM 8136176035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4. NIM 8136176035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
5. NIM 8136176035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
6. NIM 8136176035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
7. NIM 8136176035 TABLES.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
8. NIM 8136176035 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
9. NIM 8136176035 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
13. NIM 8136176035 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
14. NIM 8136176035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis model pembelajaran yang lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar fisika siswa antara model pembelajaran Inquiry Training dengan pembelajaran konvensional, (2) menganalisis pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar fisika siswa, dan (3) menganalisis interaksi antara model pembelajaran Inquiry Training dan pembelajaran konvensional dengan kemampuan berpikir kritis dalam mempengaruhi hasil belajar fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Sibolga semester genap T.P. 2014/2015. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas dengan jumlah 57 orang yang ditentukan dengan cara cluster random sampling. Siswa kelas XI IPA-3 sebanyak 28 orang sebagai kelas eksperimen dibelajarkan dengan model pembelajaran Inquiry Training, sedangkan siswa kelas XI IPA-4 sebanyak 29 orang sebagai kelas kontrol dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Hipotesis dianalisis menggunakan GLM pada taraf signifikan 0,05 dengan bantuan SPSS 16.0. Berdasarkan analisis data dan uji hipotesis, diperoleh bahwa: (1) model pembelajaran Inquiry Training lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar fisika siswa daripada pembelajaran konvensional, (2) hasil belajar fisika siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi lebih baik daripada hasil belajar fisika siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah, (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran Inquiry Training dengan kemampuan berpikir kritis dalam mempengaruhi hasil belajar fisika siswa. Siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi dan dibelajarkan dengan model pembelajaran Inquiry Training memperoleh hasil belajar yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Sim e |
Keywords: | Inquiry training; Kemampuan berpikir kritis; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Apr 2016 03:53 |
Last Modified: | 15 Apr 2016 03:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1744 |