Wahyuni, Fitry (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA SMP NEGERI 3 SUNGGAL. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) efektivitas proses pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, meliputi: (a) pencapaian tujuan belajar siswa dilihat dari kemampuan pemecahan masalah baik secara individu maupun klasikal, (b) kadar aktivitas aktif siswa selama proses pembelajaran, (c) tingkat kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran; (d) respon siswa terhadap komponen dan proses pembelajaran; 2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sunggal sebanyak 34 orang dan objek penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas proses pembelajaran yang dilakukan. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kemampuan guru, angket respons siswa serta tes kemampuan pemecahan masalah. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan (RPP, buku petunjuk guru, buku siswa, dan LAS) sudah memenuhi tingkat kevalidan dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,788. Berdasarkan data yang diperoleh dari ujicoba terhadap perangkat pembelajaran diketahui bahwa: 1) perangkat yang dikembangkan telah dapat memenuhi efektivitas proses pembelajaran, dimana: (a) persentase ketuntasan belajar siswa yang mencapai tingkat kemampuan pemecahan masalah 85,29% secara klasikal dari 34 orang siswa yang mengikuti tes dengan nilai minimal 2,67 (B - ); (b) kadar aktivitas siswa telah memenuhi batas toleransi waktu ideal dengan pemanfaatan LAS yang baik dalam pembelajaran pada ujicoba I maupun ujicoba II, (c) kemampuan guru pada ujicoba I sebesar 2,90 dan pada ujicoba II sebesar 4,22, (d) respons siswa terhadap perangkat dan proses pembelajaran sudah positif pada ujicoba I maupun ujicoba II; 2) terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa pada postes ujicoba I yaitu 2,72 meningkat menjadi 2,84 pada ujicoba II dengan peningkatan rata-rata pada kategori sedang (rata-rata N-gain = 0,574).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Wah p |
Keywords: | Perangkat pembelajaran; Model pembelajaran berdasarkan masalah; Kemampuan pemecahan masalah matematik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 01:30 |
Last Modified: | 08 Apr 2016 01:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1563 |