Yuliana, Eva (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK-ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN DI SMK BM MUHAMMADIYAH 04 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341037 COVER.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
709341037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
709341037 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
709341037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
709341037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
709341037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
709341037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
709341037 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
709341037 BAB I.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
709341037 BAB V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
709341037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah ada Pengaruh Model Pembelajaran Think-Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan Di SMK BM Muhammadiyah 04 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think-Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan Di SMK Muhammadiyah 04 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen yaitu dengan memberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelompok penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI AP SMK BM Muhammadiyah 04 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 57 siswa terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI AP1 sebagai kelas Eksperimen yang berjumlah 30 orang dan XI AP2 sebagai kelas Kontrol yang berjumlah 27 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk multiple choice sebanyak 10 item.Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas untuk mengetahui apakah sampel itu berdistribusi normal atau tidak. Uji homogenitas untuk mencari sampel varians yang sama atau homogen. Uji hipotesis yaitu jawaban sementara dari rumusan masalah penelitian.Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 74,67dengan standar deviasi 10,08. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah sebesar 67,78 dengan standar deviasi 12,20. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t dengan dk=n1+n2-2 pada taraf signifikan 95%. Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 2,344 dan ttabel sebesar 1,672. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung>ttabel (2,344 > 1,672) dengan kata lain hipotesis diterima.Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Think-Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan Di SMK Muhammadiyah 04 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.307 1 Yul p |
Keywords: | hasil belajar siswa; Think- Aloud Pair Problem Solving |
Subjects: | C Auxiliary Sciences of History > CD Diplomatics. Archives. Seals > CD921 Archives L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 02 Feb 2017 02:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13662 |