Saragih, Safritrensia (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN KOOPERATIVE LEARNING TEKNIK BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PELAYANAN PRIMA SISWA KELAS X SMK SWASTA TELADAN PEMATANGSIANTAR T. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114244 Cover.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
708114244 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
708114244 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
708114244 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
708114244 Abstrak.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
708114244 Bab I.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
708114244 Bab V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
708114244 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan menerapkan Kolaborasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Kooperative Learning Teknik Bermain Peran (Role Playing) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X MB SMK Swasta Teladan Pematangsiantar. Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Teladan Pematangsiantar pada semester genap tahun ajaran 2011/2012 dengan subjek kelas X MB berjumlah 43 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. teknik pengumpulan data menggunakan lembaran mengenai siswa, tes hasil belajar dan lembaran observasi. Sedangkan teknik analisis data, hasil belajar diperoleh dengan menganalisis nilai rata-rata ulangan harian dan aktivitas belajar diperoleh dengan menganalisis tingkat keaktifan siswa. Hasil observasi terhadap aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh 18 siswa untuk kriteria baik. Sedangkan pada siklus II diperoleh 37 siswa. Dari hasil pre test diperoleh rata-rata 61,86 dengan ketuntasan 41,86%/. Pada post test siklus I diperoleh rata-rata 67,90 dengan ketuntasan 65,11% . Dan pada post test siklus II diperoleh rata-rata 78,13 dengan ketuntasan 90,69%. Berarti ada peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Dari hasil uji korelasi antara aktivitas (X) dan hasil belajar (Y), diperoleh rhitung=0,0858 dan rtabel=0,248. Ini menunjukkan rhitung>rtabel yang berarti hubungan positif, artinya jika aktivitas belajar siswa tinggi maka hasil belajarnya juga tinggi. Pengujian signifikansi hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistik atau uji t dengan dk= n1+ n2-2=84 pada α=0,05. Dari data perhitungan diperoleh thitung =6,08 dan ttabel =1,663. Hasil pengujian menunjukkan thitung>ttabel yaitu 6,08>1,663. Dengan kata lain perbandingan hasil belajar siswa signifikan. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan Kolaborasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Kooperative Learning Teknik Bermain Peran (Role Playing) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Pelayanan Prima kelas X MB SMK Swasta Teladan Pematangsiantar tahun ajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 352.071 Sar p |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; GI; Role Playing; aktivitas dan Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 07 Nov 2016 04:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13146 |