Siahaan, Eyssy Minar (2016) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 PARLILITAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1_NIM 4121121012_COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2_NIM 4121121012_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
3_ NIM 4121121012_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
4_NIM 4121121012_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
5_ NIM 4121121012_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6_NIM 4121121012_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7_ NIM 4121121012_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
8_NIM 4121121012_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
13_NIM 4121121012_BAB V.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
9_NIM 4121121012_BAB I.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
14_NIM 4121121012_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Parlilitan T.P. 2015 / 2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Pos-test, Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari tiga kelas yaitu kelas X-2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 orang dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 orang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan Instrumen berupa Essay test sebanyak 10 soal. Tes hasil belajar di validkan oleh validator. Lembar penilaian observasi untuk mengukur sikap dan keterampilan. Berdasarkan hasil penelitian di kelas eksperimen diperoleh rata-rata sikap dan keterampilan masing-masing dalam kategori baik sedangkan di kelas kontrol rata-rata persentase perkembangan sikap termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh ada pengaruh yang signifikan penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Parlilitan T.P. 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 059 |
Keywords: | Model Problem Based Learning; Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC251 Heat Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Aug 2016 04:57 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 04:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12686 |