Nasution, Akhmad Fadhli (2015) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI DI KLS VIII SMP AL-HIDAYAH MEDAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103121004 COVER.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
4103121004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
4103121004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
4103121004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
4103121004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4103121004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4103121004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4103121004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4103121004 BAB I.pdf - Published Version
Download (488kB) | Preview
4103121004 BAB V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4103121004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan akibat model kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar fisika pada materi pokok Usaha dan Energi di Kelas VIII semester II SMP Al-Hidayah Medan T.P 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 7 kelas. Dengan teknik cluster random sampling terpilih kelas VIII-2 dan VIII-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen berupa tes soal pilihan berganda dan lembar observasi telah dilakukan uji persyaratan tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Data rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 35,46 dan 35,31. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t pretes diperoleh thitung <ttabel 0,15<1,98, maka Ho diterima artinya kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Kemudian diberikan perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh data postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 70,15 dan 64,53. Pada pengujian data postes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t diperoleh thitung >ttabel 2,38>1,98 maka H diterima yakni ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa..
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 205 |
Keywords: | Quasi Eksperimen; Kooperatif Tipe Student Teams Achievement division; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 03:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12656 |