Tambunan, Eva Susanti (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DAN DIRECT INSTRUCTION PADA SUB MATERI SISTEM INDRA DI KELAS XI IPA SMA SANTO THOMAS 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4111141006 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4111141006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
4111141006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4111141006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
4111141006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
4111141006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4111141006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
4111141006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
4111141006 BAB I.pdf - Published Version
Download (448kB) | Preview
4111141006 BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
4111141006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan (1) Hasil Belajar Biologi Siswa, (2) Keterampilan Proses Sains Dasar Siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inquiry dan model pembelajaran direct instruction pada sub materi Sistem Indra di Kelas XI IPA SMA Santo Thomas 3 Medan. Populasi penelitian berjumlah tiga kelas dan sampel penelitian sebanyak dua kelas, yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inquiry dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran direct instruction. Instrumen pengumpulan data menggunakan: (1) Tes hasil belajar dengan bentuk pilihan berganda sebanyak 30 item, dan (2) Tes Keterampilan Proses Sains Dasar sebanyak 10 item. Metode penelitian ini bersifat kuasi eksperimen dengan teknik analisis data menggunakan uji-t satu pihak pada taraf signifikan α = 0,01.Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Ada perbedaan yang sangat signifikan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inquiry 84 ± 6,79 ( ± SD) dan model pembelajaran direct instruction 80 ± 5,27, dengan thitung 5,62 dan ttabel 2,38 (2) Ada perbedaan yang sangat signifikan Keterampilan Proses Sains Dasar yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inquiry 86,9 ± 11,17 ( ± SD) dan model pembelajaran direct instruction 73,2 ± 12,5, dengan thitung 4,92 dan ttabel 2,38. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar dan Keterampilan Proses Sains Dasar siswa dengan model pembelajaran inquiry lebih baik dari model pembelajaran direct instruction.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BIO 047 |
Keywords: | Model Pembelajaran Inquiry; Model Pembelajaran Direct Instruction; Hasil Belajar Biologi; Keterampilan Proses Sains Dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 05:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12413 |