Siregar, Fitri Apriana (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA TTS DAN MEDIA PETA KONSEP PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101131012 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4101131012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
4101131012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
4101131012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4101131012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4101131012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4101131012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4101131012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4101131012 BAB I.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
4101131012 BAB V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4101131012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
4101131012 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran problem based learning denganmedia teka-teki silang dan media peta konsep pada materi Ikatan Ki.Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA1 dan X IPA 2 di Madrasah Aliyah Negeri Pandan Pengambilan sampel digunakan dengan cara teknik sampling random dengan mengambil 2 kelas. Sampel penelitian kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 masing-masing berjumlah 40siswa.. Kelas eksperimen 1 diberikan perlakuan dengan model pembelajaran problem based learning dengan media teka-teki silang dan kelas eksperimen 2 diberi perlakuan dengan model pembelajaran problem based learning dengan media peta konsep. Hasil pengolahan data pada siswa kelas eksperiment 1 memiliki nilai rata-rata pretest 36,5±6,62 dan posttest 87,12±6,18 dengan rata-rata gain sebesar 0,78. Sedangkan pada kelas eksperiment II memiliki rata-rata nilai pretest 36,62 ±8,41 dan posttest 87,75±6,19 dengan rata-rata gain sebesar 0,84. Hasil uji statistik menggunakan uji t dua pihak menggunakan data gain diperoleh bahwa nilai thitung sebesar 3,33 sedangkan nilai ttabel sebesar2,021 pada taraf signifikan α =0,05, dengan kriteria pengujian harga -t1/2α < t > t1/2αmaka Ho ditolak dan Ha diterima.Karena thit> ttabelsehingga -2,021< 3,33 > 2,021. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada perbandingan hasil belajar siswa yang diberikan pengajaran melalui model pembelajaran Problem Based Learning dengan media teka-teki silang dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diberikan pengajaran melalui model pembelajaran Problem Based Learning dengan media peta konsep pada materi Ikatan Kimia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.224 071 Sir p |
Keywords: | hasil Belajar ;Kimia; Media Pembelajaran;Model Pembelajara |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 03:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12151 |