Perangin- angin, Ratu Natalia (2014) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN PENGGUNAAN KONSEP PECAHAN PADA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS IV SD NEGERI 064025 TANJUNG SELAMAT T.A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
409411037 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
409411037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
409411037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
409411037 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
409411037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
409411037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
409411037 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
409411037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
409411037 BAB I.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
409411037 BAB V.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
409411037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
409411037 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan penggunaan konsep pecahan pada penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan media komik melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi ajarpecahan di kelas IV SD Negeri 064025 Tanjung Selamat TahunAjaran 2014/2015.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV-B SD Negeri 064025 Tanjung Selamat yang berjumlah 33 orang.Objek penelitian ini adalah peningkatan pemahaman dan penggunaan konsep pecahan pada penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan media komik melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes.Yang menjadi masalah pada penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan pemahaman dan penggunaan konsep pecahan pada penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan media komik melalui model pembelajaran kooperati tipe STAD dan bagaimanakah proses yang dilakukan di kelas agar prestasi siswa meningkat.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dibagi dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah jika mencapai target setiap indikator ≥ 65%.Pada siklus I diperoleh siswa telah mampu memahami konsep (membedakan contoh dan bukan contoh) sebanyak 57,58%, siswa telah mampu menggunakan konsep penjumlahan sebanyak 69,69%, siswa telah mampu menggunakan konsep pengurangan sebanyak 42,42%, dan siswa telah mampu menggunakan konsep gabungan 60,61%. Pada siklus II diperoleh 96,97% siswa telah mampu memahami konsep (membedakan contoh dan bukan contoh), 75,76% siswa telah mampu menggunakan konsep penjumlahan, 72,73% siswa telah mampu menggunakan konsep pengurangan, dan 78,79% siswa telah mampu menggunakan konsep gabungan.Dan proses yang dilakukan di dalam kelas agar prestasi siswa meningkat adalah guru mampu mengelola kelas yang dapat dilihat dari hasil observasi pembelajaran siklus I sebesar 70 dan siklus II sebesar 88,44. Serta hasil observasi kegiatan siswa siklus I sebesar 50 dan siklus II sebesar 82,14.Berdasarkan uraian di atas disimpulkan penggunaan media komik melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman dan penggunaan konsep pecahan pada penjumlahan dan pengurangan di kelas IV-B SD Negeri 064025 Tanjung Selamat T.A. 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 513.260 712 Per u |
Keywords: | media pembelajaran; konsep pecahan; soal cerita pecahan; media komik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 02:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11990 |