Lubis, Arfy Maulida (2014) PERBEDAAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TGT ( TEAMS GAMES TOURNAMENTS) DENGAN MEDIA MAIN MAPPING DAN MOLYMOOD PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103131004 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
4103131004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
4103131004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4103131004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4103131004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4103131004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4103131004 TABLE.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4103131004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
4103131004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
4103131004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103131004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan peningkatan hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) dengan media mind mapping dibandingkan dengan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) dengan media molymood pada materi pokok hidrokarbon. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA NEGERI 11 Medan yang terdiri dari 10 kelas. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling sebanyak 2 kelas, yaitu satu kelas sebagai kelas eksperimen I yang diberi pengajaran dengan menggunakan model TGT dengan media mind mapping dan satu kelas lainnya sebagai kelas eksperimen II yang diberi pengajaran dengan menggunakan model TGT dengan media molymood.Hasil pengolahan data menunjukkan siswa pada kelas eksperimen I memiliki rata-rata nilai pretest 40,00 dan postest 72,581 dengan rata-rata gain 0,542. Sedangkan siswa pada kelas eksperimen II memiliki rata-rata nilai pretest 35,00 dan postest 80,645 dengan rata-rata gain sebesar 0,709. Persentase peningkatan hasil belajar kelas eksperimen I 54,2% dan kelas eksperimen II 70,9%. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan peningkatan hasil belajar diantara kedua kelas eksperimen.Hasil uji statistik menggunakan uji t dua pihak maka kriteria pengujian adalah Ha diterima dan Ho ditolak apabila thit < -t ½ α dan thit > t ½ α , dengan α =0,05 maka ½ α = 0,025. Sehingga harga t(0,025) (60) = 2,00. Dari hasil perhitungan di atas, diperoleh harga thit = 5,56 > t ½ α (t(0,025) (60) = 2,00).Hal tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan peningkatan hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran TGT dengan media mind mapping dibandingkan dengan model pembelajaran TGT dengan media molymood pada materi pokok hidrokarbon.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 547.010 712 Lub p |
Keywords: | hasil belajar; cooperative learning; TGT; media pemeblaajran; peta pemikiran; hidrokarbon |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 04:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11390 |