Ginting, Elka Anggraini (2014) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN ROPES (REVIEW, OVERVIEW, PRESENTATION, EXERCISE, SUMMARY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103131018 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4103131018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
4103131018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
4103131018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4103131018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4103131018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4103131018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4103131018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4103131018 BAB I.pdf - Published Version
Download (514kB) | Preview
4103131018 BAB V.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
4103131018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dibandingkan dengan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran ROPES pada pokok bahasan Koloid.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas XI SMA Swasta RK Deli Murni Bandar Baru T.A 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Swasta RK Deli Murni Bandar Baru yang berjumlah 2 kelas dan setiap kelas terdiri dari 40 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara acak, Kelas Eksperimen 1 diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Problem based Learning, sedangkan kelas Eksperimen 2 diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary). Pengambilan data untuk hasil belajar siswa diperoleh dengan tes hasil belajar yang menggunakan instrumen yang valid sebanyak 25 soal dan reliabel (0,884), serta lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning dibandingkan dengan yang dibelajarkan dengan model ROPES (Sig 0,007 < 0,05). Peningkatan hasil belajar pada kelas yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning sebesar 83% dan peningkatan hasil belajar pada kelas yang dibelajarkan dengan model ROPES sebesar 76%, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.345 071 2 Gin p |
Keywords: | belajar kimia; model pembelajaran; problem based learning; ROPES; media pendidikan; sistem koloid; dispersi; penggolongan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 08:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11380 |