Adnan, Muhammad (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MENGGUNKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING PADA MATERI HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.
4102131009 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4102131009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
4102131009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
4102131009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4102131009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4102131009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4102131009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4102131009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
4102131009 BAB I.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
4102131009 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4102131009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL) dengan Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) pada pokok bahasan hidrokarbon.Penelitian ini merupakan penelitian eksprimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 1 Percut Sei Tuan yang tediri dari lima kelas. Pengambilan sampel dilakukandengan random sampeling atau probability sampling yaitu secara undian diambil 2 kelas dari 5 kelas yaitu kelas XI IPA4 sebagai kelas eksprimen I dan kelas XI IPA5 sebagai eksprimen II. Sampel penelitian kelas eksprimen I dan kelas eksprimen II masing-masing berjumlah 34 orang. Instrumen test yang digunakan adalah instrument test dan nontest. Instrumen test digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa berupa tes objektif dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 20 soal dan instrument non test digunakan untuk mengetahui sikap siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Kelas eksprimen I diberikan perlakukan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas eksprimen II diberikan perlakuan dengan model Process Oriented Guided Inquiry Learning. Dikedua kelas diberikan perlakuan yang sama yaitu pada pertemuan awal dilakukan pretest dan pada pertemuan terakhir dilakukan posttest. Data hasil belajar siswa diuji normalitas dan homogenitasnya, hasil yang diperoleh kedua kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Hasil uji t di peroleh thitung = 2,844 dan ttabel = 2,002 untuk α = 0,05, karena thitung berada pada daerah kritis dimana daerah kritis berada pada t<-2.002 dan t >2,002 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan Problem Based Learning dengan model Process Oriented Guided Inquiry Learning
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 547.010 712 Adn p |
Keywords: | belajar kimia; model pembelajaran; prosedur pembelajaran; POGIL; alkana; alkena; alkuna |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 09:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11313 |