PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Bukhori (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8136172012 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 8136172012 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8136172012 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 8136172012 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8136172012 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 8136172012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8136172012 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 8136172012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8136172012 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 8136172012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8136172012 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. 8136172012 TABLES.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8136172012 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 8136172012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8136172012 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. 8136172012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (711kB) | Preview
[thumbnail of 12. 8136172012 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. 8136172012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 13. 8136172012 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. 8136172012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (541kB) | Preview

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diberi pendekatan CTL dengan siswa yang diberi pembelajaran biasa, (2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diberi pendekatan CTL lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diberi pembelajaran biasa, (3) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan dengan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa, (4) Terdapat perbedaan peningkatan kemandirian belajar siswa yang diberi pendekatan CTL dengan siswa yang diberi pembelajaran biasa, (5) Peningkatan kemandirian belajar siswa yang diberi pendekatan CTL lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diberi pembelajaran biasa, (6) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan dengan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa . Hasil penelitian lainnya menunjukkan bahwa proses penyelesaian jawaban siswa yang diberi pendekatan CTL lebih bervariasi dibandingkan dengan siswa yang diberi pembelajaran biasa. Saran kepada guru adalah (1) Pembelajaran dengan pendekatan CTL dapat dijadikan salah satu alternatif bagi guru matematika dalam menyajikan materi pelajaran matematika, (2) Pembelajaran dengan pendekatan CTL hendaknya diterapkan pada materi yang nyata disekitar lingkungan belajar siswa, (3) Dalam setiap pembelajaran guru sebaiknya menciptakan suasana belajar yang memberi kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan gagasan-gagasan matematika dalam bahasa dan cara mereka sendiri. Saran kepada peneliti lanjutan, hendaknya penelitian ini dapat dilengkapi dengan meneliti aspek lain secara terperinci yang belum terjangkau dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Buk p
Keywords: Pendekatan CTL; Kemampuan pemecahan masalah; Kemandirian belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 21 Apr 2017 08:00
Last Modified: 21 Apr 2017 08:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24209

Actions (login required)

View Item
View Item