Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbasis Media Audio Visual Dan Sikap Ilmiah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Di Kelas V Yayasan Markus Medan Helvetia

Trisna, Nelly Febri (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbasis Media Audio Visual Dan Sikap Ilmiah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Di Kelas V Yayasan Markus Medan Helvetia. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM. 8166181019 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM. 8166181019 COVER.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM. 8166181019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
02. NIM. 8166181019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM. 8166181019 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
03. NIM. 8166181019 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM. 8166181019 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
04. NIM. 8166181019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM. 8166181019 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
05. NIM. 8166181019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM. 8166181019 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
06. NIM. 8166181019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM. 8166181019 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
07. NIM. 8166181019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM. 8166181019 BAB I.pdf]
Preview
Text
08. NIM. 8166181019 BAB I.pdf - Published Version

Download (568kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8166181019 BAB V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8166181019 BAB V.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of 13.  NIM. 8166181019 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8166181019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Media Audio Visual Dan Sikap Ilmiah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Di Kelas V Yayasan Markus Medan Helvetia. Penelitian dilaksanakan di SD Markus Medan pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian terdiri dari kelas V-A dan V-B yang diambil dengan cara purposive sampling class. Kelas V-A sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry berbasis Media Audio Visual , sedangkan untuk kelas kontrol diajarkan dengan model pembelajaran konvensional terpilih kelas V-B. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Desain penelitian yng digunakan adalah faktorial 2 x 2. Berdasarkan hasil analisis dan temuan peneliti dari lapangan diperoleh beberapa kesimpulan yang merupakan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan pada rumusan masalah, diantaranya perolehan nilai F hitung sebesar 29.76 lebih besar dari F tabel sebesar 4.001, dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05. Ini berarti bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa dengan model pembelajaran inquiry berbasis Media Audio Visual lebih baik dari padapembelajaran konvensional. Perolehan nilai F hitung sebesar 5.123 lebih besar dari F tabel sebesar 4.001, dengan nilai signifikansi 0.027 < 0.05. Ini berarti bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa dengan sikap ilmiah tinggi lebih baik dari pada siswa dengan sikap ilmiah rendah, dan nilai F hitung sebesar 0.189 lebih kecil dari F tabel yaitu 4.001 dengan nilai signifikansi sebesar 0.665 > 0.05. Ini berarti bahwa sikap ilmiah tidak berperan baik pada penerapan model pembelajaran inquiry berbasis Media Audio Visual maupun pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif .

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.207 1 Tri p
Keywords: kemampuan berpikir kreatif; media audio visual; pembelajaran inkuiri dan sikap ilmiah.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 16 Jul 2020 04:20
Last Modified: 16 Jul 2020 04:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39852

Actions (login required)

View Item
View Item