PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMK

Arimbi, Asmah (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMK. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8146171009 COVER.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8146171009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (873kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8146171009 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8146171009 PREFACE.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8146171009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8146171009 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8146171009 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8146171009 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8146171009 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (914kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8146171009 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8146171009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran biasa, (2) Peningkatan disposisi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran biasa, (3) Interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa, (4) Interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap penigkatan disposisi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMKN 6 Medan. Kemudian secara acak dipilih dua kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol dengan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan komunikasi matematis, (2) angket disposisi matematis. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas untuk kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis. Analisis data dilakukan dengan uji ANAVA 2 jalur menggunakan SPSS 20. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (2) peningkatan kemampuan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (3) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa, (4) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan disposisi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSurya, Edy196710191992031003
Thesis advisorManullang, Martua195205171977021001
Call Number: 510.71 Ari p
Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Komunikasi Matematis dan Disposisi Matematis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 Sep 2019 04:08
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36114

Actions (login required)

View Item View Item