PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 BABALAN T.A.2017/2018

RIZKY, MUHAMMAD ARIF (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 BABALAN T.A.2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4141111028 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4141111028 COVER.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4141111028 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4141111028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4141111028 BIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4141111028 BIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4141111028 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4141111028 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4141111028 PREFACE.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4141111028 PREFACE.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4141111028 CONTENTS.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4141111028 CONTENTS.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4141111028 LIST OF ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4141111028 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4141111028 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4141111028 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4141111028 LIST OF DIAGRAM.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4141111028 LIST OF DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 4141111028 LIST OF APPEDICES.pdf]
Preview
Text
10. NIM 4141111028 LIST OF APPEDICES.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM 4141111028 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
11. NIM 4141111028 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (839kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 4141111028 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
15. NIM 4141111028 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 16. NIM 4141111028 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
16. NIM 4141111028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dan tipe Think Pair Share di kelas VIII SMP Negeri 2 Babalan T.A.2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 2 Babalan yang berjumlah 9 kelas dan menjadi sampel penelitian ini adalah 2 kelas yang telah dipilih secara acak yaitu kelas VIII-2 menjadi kelas eksperimen I dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dan kelas VIII-4 menjadi kelas eksperimen II dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dengan masing-masing kelas berjumlah 31 orang siswa. Penelitian ini menggunakan dua jenis instrumen yaitu pretest dan posttest yang telah divalidasi dalam bentuk soal uraian. Pada kelas eksperimen I NHT, nilai rata-rata pretest adalah 29,75 dan nilai rata-rata posttest adalah 78,94, sedangkan pada kelas eksperimen II TPS , nilai rata-rata pretest adalah 30,73 dan nilai rata-rata posttest adalah 85,04. Dari hasil analisis data pretest dan posttest dilakukan uji normalitas untuk mengetahui apakah data berdistribusi normal dan uji homogenitas untuk mengetahui apakah data homogen. Setelah diuji, terbukti data berdistribusi normal dan homogen. Setelah data pretest dan posttest terbukti berdistribusi normal dan homogen, dilakukan uji hipotesis untuk menjawab hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t dua pihak. Dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung = −2,22< ttabel (2,00) sementara kriterianya terima H0 jika –ttabel (-2,00) < thitung (−2,22) < ttabel (2,00) ( tidak memenuhi) sehingga tolak H0 dan terima Ha. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dan tipe Think Pair Share di kelas VIII SMP Negeri 2 Babalan T.A. 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 MAT 109
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Think Pair Share (TPS), Komunikasi Matematis
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass media
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 11 Apr 2019 14:06
Last Modified: 23 Jul 2019 03:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35048

Actions (login required)

View Item
View Item