PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DI SMP NEGERI 36 MEDAN

Arimbi, Era Maini Muji (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DI SMP NEGERI 36 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4143311010 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4143311010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4143311010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4143311010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4143311010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4143311010 TABLES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4143311010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4143311010 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4143311010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4143311010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4143311010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) lebih tinggi daripada model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di kelas VIII SMP Negeri 36 Medan T.A 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 36 Medan yang terdiri dari 9 kelas yang setiap kelas masing-masing terdiri dari siswa. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik Cluster Random Sampling yaitu scara acak klaster-klaster (kelas-kelas) yang diperlukan diambil dengan proses pengacakan, setiap anggota yang berada di dalam klaster tersebut merupakan sampel yang diperlukan, didapatkan sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII-2 sebanyak 31 siswa sebagai kelas eksperimen I yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan kelas VIII-1 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen II yang diajar menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essay yang telah divalidkan dengan uji validitas. Analisis data menggunakan uji t taraf signifikansi 5% dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Pada pengujian data posttest kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t data posttest diperoleh thitung = 3,715 sedangkan ttabel = 2,0003. Karena thitung > ttabel (3,715 > 2,0003), maka H0 ditolak dan Ha diterima, menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Asrin19601002 198703 1 004
Call Number: SK-2018 MAT 211
Keywords: Model Pembelajaran Think Pair Share dan Numbered Head Together, Komunikasi Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 11 Dec 2018 11:46
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31490

Actions (login required)

View Item View Item