PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SIKAP POSITIF SISWA SMP TERHADAP MATEMATIKA

Siregar, Ulul Azmi (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SIKAP POSITIF SISWA SMP TERHADAP MATEMATIKA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8156172076 COVER.pdf.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8156172076 COVER.pdf.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8156172076 APPROVAL SHEET.pdf.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8156172076 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8156172076 ABSTRACT.pdf.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8156172076 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version

Download (402kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8156172076 PREFACE.pdf.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8156172076 PREFACE.pdf.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8156172076 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8156172076 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8156172076 TABLES.pdf.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8156172076 TABLES.pdf.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8156172076 ILLUSTRATION.pdf.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8156172076 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8156172076 APPENDICES.pdf.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8156172076 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8156172076 CHAPTER I.pdf.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8156172076 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version

Download (752kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8156172076 CHAPTER V.pdf.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8156172076 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8156172076 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8156172076 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version

Download (433kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana: 1) validitas, kepraktisan
dan keefektifan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual yang
dikembangkan dan 2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika dan
sikap positif siswa terhadap matematika dengan menggunakan perangkat
pembelajaran yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian
pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model Dick and Carey
yang terdiri atas 10 tahapan. Penelitian ini menghasilkan produk yaitu Rencana
Pelaksanaan Pembelajarn (RPP), Buku Guru (BG), Buku Siswa (BS), Lembar
Aktivitas Siswa (LAS), Tes Kemampuan Pemecahan Masalah (TKPM) dan angket
sikap positif siswa terhadap matematika. Uji coba 1 dilakukan di kelas VII-5 dan uji
coba 2 dilakukan di kelas VII-6 SMP Negeri 29 Medan. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa: 1) perangkat pembelajaran valid, baik dari validitas isi maupun
validtas konstruk, 2) perangkat pembelajaran praktis digunakan, dilihat dari penilaian
validator dan respon positif siswa terhadap perangkat pembelajaran yang
dikembangkan, 3) perangkat pembelajaran efektif, dilihat dari ketuntasan belajar dan
aktivitas siswa, 4) peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa berada pada
kategori sedang dan 5) adanya peningkatan sikap positif siswa terhadap matematika
dari uji coba 1 ke uji coba 2.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 2 Sir p
Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual, Pemecahan Masalah dan Sikap Positif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 20 Sep 2018 03:18
Last Modified: 20 Sep 2018 03:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30917

Actions (login required)

View Item
View Item