PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II MAN 3 MEDAN T.P. 2016/2017

Amelia, Rizky (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II MAN 3 MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4133321016 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4133321016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4133321016 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4133321016 PREFACE.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4133321016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4133321016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4133321016 TABLES.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4133321016 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4133321016 CHAPTERS I.pdf - Published Version

Download (652kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4133321016 CHAPTERS V.pdf - Published Version

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4133321016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II MAN 3 T.P.2016/2017 Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X semester II MAN 3 Medan T.P. 2016/2017. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik class random sampling, yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing, dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional yaitu model pembelajaran langsung, masing-masing kelas sebanyak 35 siswa untuk kelas eksperimen untuk kelas kontrol. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa essay test untuk mengukur keterampilan proses sains sebanyak 10 soal dan keterampilan serta sikap siswa dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh dua observer. Dari analisa data untuk kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing diperoleh rata-rata pretes 41,5 dengan standar deviasi 6,24 dan nilai rata-rata postes 82,42 dengan standar deviasi 7,2. Pada uji t pretes diperoleh nilai pretes thitung < ttabel yaitu 1,98 < 1,998 maka H0 diterima maka kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen sama dengan kemampuan awal siswa pada kelas kontrol. Kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata pretes 38,92 dan standard deviasi 5,08 sedangkan rata-rata postes 69,71 dengan standard deviasi 6,29. Selama proses pembelajaran diperoleh nilai rata-rata keterampilan siswa kelas eskperimen adalah 82,42 dan Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Hasil uji thitung adalah 7,7 sedangkan ttabel adalah 1,66 (7,7 > 1,66). Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok suhu dan kalordi kelas X semester II MAN 3 Medan T.P 2016/2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAmdani,, Khairul196310231993031002
Call Number: SK-2017 FIS 161
Keywords: Inkuiri terbimbing; keterampilan proses sains; konvensional; suhu dan kalor
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC251 Heat
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Sep 2017 10:41
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26173

Actions (login required)

View Item View Item