PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA PLUS SHAFIYYATUL AMALIYYAH MEDAN TAHUN PELAJARAN 2015-2016 MEDAN

Siregar, Ida Rahmadani (2016) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA PLUS SHAFIYYATUL AMALIYYAH MEDAN TAHUN PELAJARAN 2015-2016 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 Ida Rahmadani Siregar Nim. 8136192014 Cover.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 Ida Rahmadani Siregar Nim. 8136192014 Approval.pdf - Published Version

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 Ida Rahmadani Siregar Nim. 8136192014 Abstract.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 Ida Rahmadani Siregar Nim. 8136192014 Preface.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 Ida Rahmadani Siregar Nim. 8136192014 Tables of Contents.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 Ida Rahmadani Siregar Nim. 8136192014 Illustrations.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 Ida Rahmadani Siregar Nim. 8136192014 Tables.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 Ida Rahmadani Siregar Nim. 8136192014 Appendix.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 Ida Rahmadani Siregar Nim. 8136192014 Chapter I.pdf - Published Version

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. Ida Rahmadani Siregar Nim. 8136192014 Chapter V.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. Ida Rahmadani Siregar Nim. 8136192014 Bibliography.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) Perbedaan kemampuan menulis paragraf eksposisi antara siswa yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran mind mapping dan metode pembelajaran konvensional. (2) Perbedaan kemampuan menulis paragraf eksposisi antara siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi dengan kecerdasan emosional rendah. (3) Interaksi antara metode pembelajaran mind mapping dan kecerdasan emosional siswa terhadap kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa kelas X SMA Plus Shafiyyatul Amaliyyah Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Plus Shafiyyatul Amaliyyah Medan Tahun Pelajaran 2015-2016 yang berjumlah 145 orang, sampel dalam penelitian ini terdiri dari rombongan belajar X-D yang berjumlah 26 orang yang dibelajarakan dengan metode pembelajaran mind mapping dan rombongan belajar X-C yang berjumlah 27 orang yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran konvensional. Jadi, jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 53 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain factorial 2 x 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis dua jalur (ANAVA). Kecerdasan emosional siswa diukur dengan tes angket sebanyak 25 butir soal dan memiliki reliabilitas 0,81, menggunakan rumus KR-20. Jumlah soal yang valid 20 butir soal. Kemampuan menulis paragraf eksposisi mengunakan tes mengarang. Hasil pengujian hipotesis pertama menunjukkan bahwa kemampuan menulis paragraf eksposisi yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran mind mapping lebih tinggi daripada kemampuan menulis eksposisi yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran konvensional, dengan hasil Fhitung 3,66 > Ftabel 2,56 pada taraf signifikan α = 0.05. Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukkan bahwa hasil kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi lebih tinggi daripada kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah, dimana Fhitung 10,23 > Ftabel 2,56 pada taraf signifikan α = 0.05, dan hasil pengujian hipotesis ketiga menunjukkan terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan kecerdasan emosional terhadap kemampuan menulis eksposisi siswa, dimana nilai Fhitung 9,15 > Ftabel 2,56 pada taraf signifikan α = 0.05. Uji lanjut menggunakan uji Scheffe diperoleh hasilnya, bahwa kemampuan menulis paragraf eksposisi dengan kecerdasan emosional yang menggunakan metode pembelajaran mind mapping lebih tinggi daripada siswa yang kecerdasan emosionalnya tinggi yang menggunakan metode pembelajaran konvensional yaitu Fhitung 3,17 > Ftabel 2,56 pada taraf signifikan α = 5%.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHarahap, Rosmawaty196104201987032002
Thesis advisorSaragih, Amrin195501131982031002
Call Number: 411.707 12 Sir p
Keywords: Metode pembelajaran mind mapping; Kecerdasan emosional; Paragraf eksposisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 25 Oct 2016 03:01
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20838

Actions (login required)

View Item View Item