PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 PARLILITAN T.P 2015/2016

Siahaan, Eyssy Minar (2016) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 PARLILITAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1_NIM 4121121012_COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_NIM 4121121012_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_ NIM 4121121012_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_NIM 4121121012_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_ NIM 4121121012_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6_NIM 4121121012_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7_ NIM 4121121012_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8_NIM 4121121012_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13_NIM 4121121012_BAB V.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9_NIM 4121121012_BAB I.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14_NIM 4121121012_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Parlilitan T.P. 2015 / 2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Pos-test, Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari tiga kelas yaitu kelas X-2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 orang dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 orang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan Instrumen berupa Essay test sebanyak 10 soal. Tes hasil belajar di validkan oleh validator. Lembar penilaian observasi untuk mengukur sikap dan keterampilan. Berdasarkan hasil penelitian di kelas eksperimen diperoleh rata-rata sikap dan keterampilan masing-masing dalam kategori baik sedangkan di kelas kontrol rata-rata persentase perkembangan sikap termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh ada pengaruh yang signifikan penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Parlilitan T.P. 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiregar, Alkhafi Maas19690127199412001
Call Number: SK-2016 FIS 059
Keywords: Model Problem Based Learning; Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC251 Heat
Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Aug 2016 04:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12686

Actions (login required)

View Item View Item