Sihombing, Joan Christian (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN 5E BERBASIS INKUIRI TERHADAP SCIENTIFIC INQUIRY DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 SILAEN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123321025 COVER.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
2. NIM. 4123321025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
3. NIM. 4123321025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
4. NIM. 4123321025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
5. NIM. 4123321025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
6. NIM. 4123321025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
7. NIM. 4123321025 TABLES.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
8. NIM. 4123321025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
9. NIM. 4123321025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (582kB) | Preview
13. NIM. 4123321025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
14. NIM. 4123321025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran 5E
berbasis inkuiri terhadap scientific inquiry dan keterampilan sosial siswa pada
materi pokok fluida di kelas XI semester II SMA Negeri 1 Silaen T.P 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain control group pretestposttest.
Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling
dengan mengambil dua kelas dari empat kelas yaitu kelas XI IPA-1 sebagai kelas
eksperimen yang diajar dengan model 5E berbasis inkuiri dan kelas XI IPA-2
sebagai kelas kontrol yang diajar dengan pembelajaran konvensioal. Instrumen
yang digunakan yaitu tes hasil belajar berupa scientific inquiry berbentuk uraian
yang sudah divalidasi. Lembar observasi digunakan untuk mengukur peningkatan
scientific inquiry dan keterampilan sosial siswa. Berdasarkan hasil penelitian
diperoleh peningkatan scientific inquiry siswa di kelas eksperimen berada pada
kategori sedang, sedangkan peningkatan scientific inquiry siswa di kelas kontrol
berada pada kategori rendah. Peningkatan keterampilan sosial siswa di kelas
eksperimen berada dalam kategori sedang, sedangkan di kelas kontrol
peningkatan keterampilan sosial siswa berada dalam kategori rendah. Berdasarkan
hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh ada pengaruh yang
signifikan dari penerapan model 5E berbasis inkuiri terhadap scientific inquiry
siswa pada materi pokok fluida statis dan fluida dinamis di kelas XI semester II
SMA Negeri 1 Silaen T.P. 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 048 |
Keywords: | Model 5E Berbasis Inkuiri; Scientific Inquiry;Keterampilan Sosial. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Aug 2016 08:41 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 08:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9792 |