Simanjuntak, Monika Molinta (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN 5E BERBASIS INKUIRI TERHADAP SCIENTIFIC INQUIRY DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI FLUIDA DI SMA NEGERI 10 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123121039 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2. NIM. 4123121039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
3. NIM. 4123121039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM. 4123121039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
5. NIM. 4123121039 TABLE OF CONTENT - Copy.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
6. NIM. 4123121039 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 41231039 TABLE.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
8. NIM. 4123121039 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
9. NIM. 4123121039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (704kB) | Preview
13. NIM. 4123121039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
14. NIM. 4123121039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (470kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran
5E berbasis inkuiri terhadap scientific inquiry dan pemahaman konsep siswa pada
materi fluida di kelas XI IPA semester II SMA Negeri 10 Medan T.P 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain two control group
pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random
sampling dengan mengambil dua dari tiga kelas yaitu kelas XI IPA-I sebagai kelas
kontrol dan kelas XI IPA-III sebagai kelas eksperimen yang masing-masing
berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan untuk scientific inquiry berupa tes
berbentuk uraian yang terdiri dari 6 soal untuk masing masing fluida statis dan
dinamis dimana soal sudah divalidasi dan digunakan juga lembar observasi untuk
mengukur scientific inquiry siswa serta instrumen untuk pemahaman konsep
berbentuk pilihan berganda yang terdiri dari 20 soal untuk masing-masing fluida
statis dan fluida dinamis yang sudah divalidasi. Berdasarkan hasil penelitian
diperoleh rata-rata nilai N-gain untuk peningkatan scientific inquiry lebih baik di
kelas eksperimen daripada di kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis
menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh ada perbedaan yang signifikan karena
pengaruh model pembelajaran 5E berbasis inkuiri terhadap scientific Inquiry dan
pemahaman konsep siswa, sehingga dapat dikatakan model pembelajaran 5E
berbasis inkuiri efektif dalam meningkatkan scientific inquiry dan pemahaman
konsep siswa dengan penerapan model 5E berbasis inkuiri pada materi fluida di
kelas XI semester II SMA Negeri 10 Medan T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 044 |
Keywords: | Model 5E; Scientific Inquiry; Pemahaman Konsep; N-Gain. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Aug 2016 08:15 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 08:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9788 |