Sari, Dewi Novita (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI SMA NEGERI 1 BABALAN KABUPATEN LANGKAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4123321012 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2 NIM 4123321012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
3 NIM 4123321012 ABSTRAC ID.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4 NIM 4123321012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
5 NIM 4123321012 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6 NIM 4123321012 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7 NIM 4123321012 TABLES.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
8 NIM 4123321012 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
9 NIM 4123321012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
13 NIM 4123321012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14 NIM 4123321012 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiri Training terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokok fluida dinamis di SMA Negeri 1 Babalan Kabupaten Langkat.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Pos-test, Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI semester II SMA Negeri 1 Babalan T.P 2015/2016. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling, yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas 11 MIA-4 sebagai kelas eksperimen dengan diterapkan model pembelajaran Inquiry Training, dan kelas 11 MIA-3 sebagai kelas kontrol dengan diterapkan pembelajaran konvensional, masing-masing kelas sebanyak 34 siswa, Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan Instrumen berupa test uraian sebanyak 8 soal.
Dari analisa data untuk kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry Training diperoleh rata-rata Pretes 26,51 dengan standard deviasi 10,92 dan nilai rata-rata Postes 79,04 dengan standard deviasi 10,07. Kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata Pretes 27,73 dan standard deviasi 11,65 sedangkan rata-rata Postes 68 dengan standard deviasi 11,19. Dari Hasil analisa data diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Inquiry Training dan pembelajaran konvensional pada materi Fluida Dinamis. Sedangkan pada penilaian aktivitas didapat rata-rata aktivitas siswa pada setiap pertemuan mengalami peningkatan yaitu pada pertemuan I rata-rata aktivitas 62,7 dan pada pertemuan II mencapai rata-rata 78.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 039 |
Keywords: | Modela Pembelajaran; Fluida Ideal; Hukum Bernouli |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Aug 2016 02:20 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 02:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9761 |