Sihombing, Janes (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KINEMATIKA GERAK LURUS DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 14 MEDAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2.LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
3. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
4. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
5. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
6. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
8. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
10. BAB I.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
14. BAB V.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok kinematika gerak lurus di kelas X semester I SMA Negeri 14 Medan T.P. 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 9 kelas berjumlah 256 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 9 kelas secara acak yaitu kelas X-8 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 40 orang dan kelas X-9 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu:1) tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 pilihan jawaban sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid oleh validator dan 2) lembar observasi aktivitas belajar siswa. Untuk menguji digunakan uji beda,setelah uji prasyarat dilakukan, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.
Data penelitian menunjukkan ,nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 47,12 dan nilai rata-rata kelas kontrol 46,39.hasil uji t diperoleh thitung =0,2281 dan ttabel=1,9939 karena thitung < ttabel maka kedua sampel mempunyai kemampuan awal yang sama.setelah diberi perlakuan yang berbeda diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 68,00 dan kelas kontrol 60,97.hasil uji t diperoleh thitung=2,13 dan ttabel = 1,66 maka Ha diterima yang berarti hasil belajar siswa dengan mengunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa dengan mengunakan model pembelajaran konvensional
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 111 |
Keywords: | Kognitif; Afektif; Psikomotorik; Model Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Aug 2016 04:47 |
Last Modified: | 11 Aug 2016 04:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9745 |