PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KINEMATIKA GERAK LURUS DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 14 MEDAN T.P. 2015/2016

Sihombing, Janes (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KINEMATIKA GERAK LURUS DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 14 MEDAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 2.LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
2.LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[thumbnail of 3. RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
3. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 10. BAB I.pdf]
Preview
Text
10. BAB I.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 14. BAB V.pdf]
Preview
Text
14. BAB V.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 15. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok kinematika gerak lurus di kelas X semester I SMA Negeri 14 Medan T.P. 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 9 kelas berjumlah 256 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 9 kelas secara acak yaitu kelas X-8 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 40 orang dan kelas X-9 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu:1) tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 pilihan jawaban sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid oleh validator dan 2) lembar observasi aktivitas belajar siswa. Untuk menguji digunakan uji beda,setelah uji prasyarat dilakukan, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.
Data penelitian menunjukkan ,nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 47,12 dan nilai rata-rata kelas kontrol 46,39.hasil uji t diperoleh thitung =0,2281 dan ttabel=1,9939 karena thitung < ttabel maka kedua sampel mempunyai kemampuan awal yang sama.setelah diberi perlakuan yang berbeda diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 68,00 dan kelas kontrol 60,97.hasil uji t diperoleh thitung=2,13 dan ttabel = 1,66 maka Ha diterima yang berarti hasil belajar siswa dengan mengunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa dengan mengunakan model pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 FIS 111
Keywords: Kognitif; Afektif; Psikomotorik; Model Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Aug 2016 04:47
Last Modified: 11 Aug 2016 04:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9745

Actions (login required)

View Item
View Item