EFEKTIVITAS MODEL 5E BERBASIS INKUIRI TERHADAP SCIENTIFIC INQUIRY DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SMA NEGERI 1 GALANG T.P. 2015/2016

Utami, Rika (2016) EFEKTIVITAS MODEL 5E BERBASIS INKUIRI TERHADAP SCIENTIFIC INQUIRY DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SMA NEGERI 1 GALANG T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 2. APPROVAL SHEET & CURRICULLUM VITAE.pdf]
Preview
Text
2. APPROVAL SHEET & CURRICULLUM VITAE.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 4. PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. PREFACE.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 5. TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 6. ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. TABLES.pdf]
Preview
Text
7. TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8. APPENDICES.PDF]
Preview
Other
8. APPENDICES.PDF - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[thumbnail of 13. CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 14. BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model 5E berbasis inkuiri terhadap scientific inquiry dan keterampilan sosial siswa pada materi fluida dinamis di kelas XI semester II SMA Negeri 1 Galang T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain control group pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari tiga kelas yaitu kelas XI MIA-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA-2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes scientific inquiry berbentuk tes uraian yang terdiri dari 8 soal yang sudah divalidasi dan lembar observasi untuk mengukur scientific inquiry dan keterampilan sosial siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh ada perbedaan yang signifikan antara scientific inquiry siswa yang menerapkan model 5E berbasis inkuiri dengan scientific inquiry siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 75,00 dan kelas kontrol 56,25. Berdasarkan analisis n-gain scientific inquiry siswa melalui tes uraian di kelas eksperimen, diperoleh bahwa ada peningkatan scientific inquiry siswa dengan kategori sedang. Begitu juga dengan n-gain hasil observasi, diperoleh bahwa ada peningkatan scientific inquiry siswa dengan kategori sedang. Berdasarkan analisis n-gain hasil observasi keterampilan sosial siswa, diperoleh bahwa ada peningkatan keterampilan sosial siswa dengan kategori sedang. Efektivitas model 5E berbasis inkuiri dilihat melalui uji t dan analisis n-gain. Selain memberikan perbedaan yang signifikan terhadap scientific inquiry siswa, model 5E juga dapat meningkatkan scientific inquiry dan keterampilan sosial siswa di kelas eksperimen sehingga model 5E berbasis inkuiri efektif untuk diterapkan pada materi fluida dinamis di kelas XI Semester II SMA Negeri 1 Galang T.P. 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 FIS 108
Keywords: Model 5E Berbasis Inkuiri, Scientific Inquiry, Keterampilan Sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Aug 2016 04:27
Last Modified: 11 Aug 2016 04:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9740

Actions (login required)

View Item
View Item